Dukung Ketahanan Pangan, Babinsa Laksanakan Ubinan Panen Padi

Dukung Ketahanan Pangan, Babinsa Laksanakan Ubinan Panen Padi

Anekafakta.com,Tigaraksa - 

Dalam rangka mendukung program pemerintah terkait ketahanan pangan Babinsa Desa Gembong, Koramil 05/Balaraja, Kodim 0510/Trs melaksanakan ubinan
di lahan sawah kelompok tani mitra tani di Kampung RT 01/06 Desa Gembong Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang, Kamis (21/09/2023).

Danramil 05/Balaraja Kapten Inf Ali Maskuri SE  mengatakan, kegiatan ubinan adalah salah satu metode untuk memperoleh informasi mengenai produktivitas (Hasil Per Hektar) dimaksudkan untuk dapat memprediksi jumlah produksi padi yang masih ada di lahan melalui penentuan sampel, pengukuran dan penimbangan.

"Ubinan juga selain untuk memprediksi jumlah produksi padi juga bisa dijadikan patokan untuk menentukan langkah yang dilakukan Babinsa dan PPL untuk memberikan masukan kepada para petani dalam penanaman padi berikutnya," ujarnya.

Menurut Danramil, kegiatan ubinan dijadikan metode acuan, tolak ukur dan ilmu yang bermanfaat bagi para petani dalam menggarap sawah untuk menggunakan bibit padi, cara tanam, perawatan dan pemupukan, sehingga mendapatkan hasil panen yang melimpah dan memenuhi target sesuai dengan luas sawah.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Desa Gembong H Nurjen, Kabid Ketahanan Pangan  Kabupaten Tangerang H. Bambang, perwakilan Koramil Balaraja di pimpin Peltu Hanapian, Kasi Pem Kecamatan Balaraja Slamet Riyadi, Ketua Gapoktan Desa Gembong Ujang Supendi,  Ketua Pok Tani Mitra Tani Ansori dan perwakilan anggota Kelompok Tani Mitra Tani Desa Gembong.

Sumber kodim 0510/Tigaraksa

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama