Yoko : Dukung Program Jokowi Membantu Pemulihan Ekonomi di Sulut


Yoko : Dukung Program Jokowi Membantu Pemulihan Ekonomi di Sulut


Meningkatkan daya saing produk Indonesia di pasar global, Bea Cukai hadir memberikan asistensi kepada UMKM di Provinsi Sulawesi Utara untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional (PEN) dan berkomitmen membantu pemulihan ekonomi nasional. 

Demikian disampaikan Kepala Seksi Bimbingan Kepatuhan dan Hubungan Masyarakat Kanwil Bea Cukai Sulbagtara, Yoko A Shinta. kepada anekafakta.com, Selasa (01/08/2023). Menurutnya, Bea Cukai memiliki peran penting dalam keberlangsungan industri di dalam negeri dan tidak pernah lelah bersinergi dengan stakeholder dalam rangka mendukung upaya PEN bersama UMKM agar dapat melakukan ekspor untuk meningkatkan daya saing produk Indonesia di pasar global.

Yoko mengatakan, pihaknya akan terus melakukan edukasi dan kegiatan seminar dengan mendukung UMKM dalam segala bidang mulai dari hulu sampai hilir.

"Berbagai kegiatan telah kami lakukan, termasuk menggelar podcast UMKM sampai bulan oktober 2023, secara aktif memberikan asistensi dan edukasi kepada para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM)," kata Yoko.

Dengan adanya kegiatan ini Bea Cukai berkomitmen memberikan kemudahan dan mendorong kepada seluruh pelaku usaha terutama pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk dapat melakukan ekspor. 

Saat ditanya tentang ekspor, Yoko menegaskan Ekspor adalah kegiatan mengeluarkan barang dari Indonesia dan pentingnya sinergi serta kolaborasi agar seluruh pelaku usaha makin berjaya di pasar internasional. 

Baginya, ekspor itu mudah dan bukan sekadar slogan yang digaungkan melainkan upaya nyata pemerintah dalam memfasilitasi perkembangan industri dalam negeri.

Yoko berharap para pelaku usaha jangan pernah bosan berkonsultasi dengan perangkat layanan publik seperti Bea Cukai, pemerintah daerah, Bank Indonesia, dan lain-lain. Untuk berhasil UMKM harus bisa bersaing di dunia internasional dan menjadi wadah aspirasi bagi para pelaku UMKM yang berkeinginan ekspor untuk mengembangkan usahanya.

Yoko yang didampingi bapak Aziz, akan terus memberikan dukungan pembekalan pengelolaan usaha dari sektor pembiayaan hingga eksportasi dan mengakomodir hambatan-hambatan yang dihadapi pelaku usaha dengan membuka jembatan bagi industri kecil menengah untuk dapat melebarkan sayap ke kancah internasional seperti dikatakan presiden Jokowi.


"Kami sangat mendukung program Presiden Jokowi melakukan berbagai upaya untuk mendorong ekspor, khususnya dari pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang akhirnya akan membantu pertumbuhan ekonomi," tutup Kepala Seksi Bimbingan Kepatuhan dan Hubungan Masyarakat Kanwil Bea Cukai Sulbagtara ini. 

(arthur mumu).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama