Reputasi Oleh Tubagus Solehudin, Pebisnis di RBN 55


Reputasi

Oleh Tubagus Solehudin, Pebisnis di RBN 55

ANEKAFAKTA.COM,TANGERANG

Bisnis itu subtansinya adalah kepercayaan. Terjadinya deal bisnis karena adanya saling percaya.

Modal Kepercayaan atau modal dipercaya oleh orang merupakan deposit yang paling penting dalam membangun bisnis.

Pebisnis bisa dipercaya oleh orang lain karena dipandang memiliki reputasi yang baik. Bisa dipercaya. Amanah. Jujur. 

Bila kita merujuk pada Sirah Nabawiyah, Nabi Muhammad SAW dipercaya oleh Siti Khadijah untuk bekerja sama dalam bisnis disebabkan Siti Khadijah percaya bahwa Muhammad SAW adalah pedagang yang bisa dipercaya. 

Siti Khadijah tentu sebelum memutuskan mempercayakan barang dagangannya untuk diserahkan kepada Muhammad SAW dalam ekspedisi bisnis ke negeri Syam tentu sudah memiliki informasi tentang Sosok Muhammad Saw. 

Dalam catatan Sirah Nabawiyah, Muhammad SAW sebelum diangkat menjadi Nabi dan Rasulullah beliau sudah bergelar Al Amin. Yaitu orang yang bisa dipercaya.

Artinya ketika Siti Khadijah memutuskan untuk berkolaborasi dengan Muhammad SAW dalam perniagaan karena beliau yakin Muhammad SAW bisa dipercaya dan dapat memberikan keuntungan kepada beliau. Dan Siti Khadijah yakin bahwa Muhammad SAW tidak akan berkhianat terhadap komitmen. Atau bersikap culas atau khianat apabila mencurangi beliau.

Di zaman now, para pebisnis mengabaikan aspek mendasar ini. Yaitu attitude. Sikap mental Al Amin. Yaitu menjadi pribadi yang bisa dipercaya. 

Kebanyakan para mentor hanya menekankan aspek keuntungan dan bonus yang bakal didapat seandainya bisa mencapai target point penjualan.

Sekalipun ada sentuhan pembinaan attitude belum menjadi fokus utama dari pembentukan karakter calon pebisnis yang menjadi binaannya.

Banyak kegagalan dalam Bisnis karena rusaknya Reputasi Diri Pebisnis. Karena khianat, culas atau curang. Prilaku seperti ini bila masih ada dalam diri pebisnis, percayalah sampai jebotpun tidak akan pernah mencapai puncak kemenangan.

Seandainya pun sekarang anda bisa meraihnya itu hanyalah kemenangan semu yang tidak akan bertahan lama. 

Cepat atau lebih cepat Patner bisnis anda akan tahu attitude asli anda. Dan itu akan membuat keruntuhan bisnis anda.

Banyak yang tidak menyadari keruntuhan sebuah bisnis atau apa saja bidang lain yang kita bangun sangat terkait dengan persepsi orang tentang kita. 

Kabar baiknya, persepsi itu akan musnah bila anda memiliki reputasi yang bisa dipercaya. Al Amiin.

Semoga kita terus bisa memperbaiki attitude kita sehingga pondasi bisnis yang kita bangun akan kokoh ketika kelak menjalung tinggi. Amiin.

TB.Solehuddin/Red

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama