PLN Tidak Tahu Jumlah Lampu Jalan, Tanyakan ke Perkim Manado



PLN Tidak Tahu Jumlah Lampu Jalan, Tanyakan ke Perkim Manado


PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Wilayah VII Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo (Suluttenggo) mengaku tidak memiliki data riil jumlah lampu jalan yang tersebar di Kota Manado.

Selain itu, PLN juga tidak dapat memberikan jawaban besaran jumlah yang dibayarkan Pemerintah Kota (Pemkot) Manado kepada institusi tersebut untuk setiap bulannya. 

Sebaliknya, untuk mencari data lampu jalan yang masih aktif hidup dan lampu yang telah padam PLN menganjurkan pergi minta ke dinas perumahan dan permukiman (Perkim) Kota Manado. PLN beralasan, untuk pembayarannya masih harus dipilah antara lampu yang menyala dan telah padam.

Manajer Komunikasi PLN Wilayah VII Suluttenggo, Jandry Pangalila, mengatakan jumlah detail titik lampu datanya ada di Dinas Perkim Kota Manado, karena merupakan pemilik aset.

"Untuk datanya ada di Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3). Hanya saja untuk memastikannya harus melalui proses sampling atau seleksi. Meski begitu PLN tidak mengetahui pasti berapa titik lampu yang masih menyala dan berapa titik yang telah padam," jelas Jandry.

Sementara Asisten Manajer Transaksi Energi Listrik, Muhammad Rajavalens menjelaskan alasan tidak adanya data detail karena untuk pembayarannya menggunakan skema meternisasi dan kontrak daya.

Dikatakan, untuk kontrak daya di berlakukan karena Pemkot Manado belum bisa menyiap instalasi Penerangan Jalan Umum (PJU) nya, sehingga menumpang di instalasi milik PLN.

"Jadi yang dibayarkan hanya yang terpasang. Secara teknis yang mati (lampu-red) itu belum kita pastikan, apakah lampu-lampu tersebut benar-benar mati atau masih menyala didalamnya," jelas Muhammad. 

Sedangkan untuk kondisi lampu yang tidak lagi menyala, PLN dan Pemkot Manado sepakat untuk membongkar kemudian menghilangkan dari data penagihan. Sedangkan untuk meterininasi, PLN hanya mendata di meternya saja.

Menyinggung soal pemakaian kilowatt hour (KwH), Muhammad mengatakan, dapat diakses melalui www.pln.co.id. Meski begitu, Muhammad tak menampik kalau biaya KwH tidak tercantum dalam rekening pembayaran. 

"Tagihan pemakaian per Kwh memang tidak dicantumkan pada struk pembayaran tapi pelanggan dapat mengakses melalui www.pln.co.id dan PLN mobile berapa Kwn yang digunakan," jelasnya. 

(arthur mumu)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama