Mengakhiri Perkuliahan Semester Genap Kelas 2B dan 2C MIA Pascasarjana Unis Tangerang adakan Seminar Pendidikan


Mengakhiri Perkuliahan Semester Genap Kelas 2B dan 2C MIA Pascasarjana Unis Tangerang adakan Seminar Pendidikan

Anekafakta.com,Tangsel

Berakhirnya masa perkuliahan semester genap, Mahasiswa Pascasarjana Universitas Islam Syekh Yusuf (Unis) Tangerang Program Studi MIA mengadakan kegiatan seminar pendidikan dengan tema Menjadi Guru yang di rindukan Siswa dengan Pembicara Dr Muis Dosen Pascasarjana Unis Tangerang. Jum'at (18/08/2023). Bertempat di SMAN 7 Tangerang Selatan Banten.

Dalam pemaparannya, Dr Muis mengatakan menjadi Guru di zaman serba teknologi harus memiliki kreativitas tingkat tinggi dan memiliki rasa empati yang besar terhadap siswa.  Seorang guru yang tidak memiliki rasa simpati, empati dan memiliki kreativitas yang tinggi tidak akan mampu mengikuti proses pembelajaran dan pengajaran kepada siswa.

Meskipun sekarang zaman sudah serba IT tapi peran guru tetap tidak bisa tergantikan asalkan Guru juga mau membangun kapasitas dirinya sesuai dengan perkembangan zaman. Mengapa Guru perannya tidak bisa tergantikan dengan apapun? Sebab yang diajarkan oleh Guru adalah nilai-nilai kehidupan. Disinilah letak pentingnya pendidikan moral yang harus guru transformasikan kepada siswa. Guru harus mampu membimbing siswa untuk menjalani kehidupan sosial yang sepantasnya bukan Sepintasnya.

Lebih lanjut Dr Muis mengatakan, saat ini banyak orang tua yang mencontohkan kepada anak-anak cara pintas bukan jalan pantas. Untuk mencapai sesuatu dengan cara pintas walau hal tersebut tidak pantas. Menurut Dr Muis, Guru harus mampu meluruskan jalan bengkok yang banyak terjadi dalam realitas kehidupan sosial di masyarakat. Inilah tantangan besar dan berat Guru di era modern ini.

Namun apapun tantangannya, menjadi Guru merupakan pilihan hidup yang harus kita emban dengan penuh tanggung jawab dan harus menjadikan diri kita sebagai guru yang selalu dirindukan oleh siswa. Oleh karenanya meningkatkan kapasitas diri wajib bagi setiap guru. Tutup Dr Muis.

Kegiatan seminar Mahasiswa Pascasarjana Unis Tangerang Program Studi MIA ini bekerja sama dengan SMAN 7 dan dibuka langsung oleh Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten Bapak Haji Dr. Thabrani M.Pd, Dr Muis, para Guru dan para Mahasiswa Pascasarjana Unis Tangerang Program Studi MIA.

TB.Solehudin/Red

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama