Kesiapsiagaan, Gerak Cepat Babinsa dan Bhabinkamtibmas Bersama Damkar Padamkan Kebakaran Lahan


Kesiapsiagaan, Gerak Cepat Babinsa dan Bhabinkamtibmas Bersama Damkar Padamkan Kebakaran Lahan


Anekafakta.com,Tigaraksa - 

Babinsa Cukanggalih Serka Edy K. dan Serda Didik M anggota Koramil 02/Curug, Kodim 0510/Tigaraksa bersama Bhabinkamtibmas langsung menuju lokasi kebakaran di lahan kosong tepatnya RT 04/05 Desa Cukanggalih, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang, Rabu (30/08/2023).

Gerak cepat dilakukan kedua anggota Koramil 02/Crg usai menerima laporan dari masyarakat bahwa telah terjadi kebakaran lahan kosong di wilayah tersebut. Saat menuju lokasi kebakaran, Serka Edy K. dan Serda Didik M langsung menghubungi petugas Damkar BPBD Kabupaten Tangerang untuk segera meluncur ke lokasi kebakaran.

Tidak butuh waktu lama, kedua babinsa dan bhabinkamtibmas beserta damkar tiba di lokasi untuk bersama - sama melakukan pemadaman api yang membakar alang-alang dan bambu kering.  

Berkat usaha yang gigih, baik Babinsa, Bhabinkamtibmas dan petugas Damkar dibantu warga, akhirnya titik api dapat dikuasai dan dipadamkan sehingga tidak meluas ke tempat lainnya.

Disela - sela melakukan pendinginan guna mengantisipasi jika masih adanya bara api, Serka Edy K mengatakan bahwa, terbakarnya lahan yang ditumbuhi ilalang dan bambu kering diduga berasal dari puntung rokok yang dibuang sembarangan dan masih menyala sehingga membakar ilalang kering itu.

"Saat musim kemarau sekarang ini, banyak ilalang dan rumput yang kering terkena panas teriknya matahari sehingga mudah terbakar atau tersulut api walaupun itu puntung rokok yang masih menyala ditambah hembusan angin sehingga mempercepat terjadinya kebakaran," ujarnya.

Sementara itu, ditempat terpisah, Dandim 0510/Tigaraksa Letkol Arh S.S Bandjar melalui Danramil 02/Curug Mayor Inf Hendrik membenarkan danya kejadian tersebut, dimana Babinsa Koramil 02/Crg langsung bergerak cepat menyikapi adanya laporan warga.

"Pihaknya mendapatkan informasi, adanya kebakaran di wilayah binaan yang merupakan wilayah teritorial Koramil 02/Crg. Ini langsung disikapi dengan cepat oleh Babinsa yang langsung meluncur untuk mendatangi TKP sekaligus menghubungi Damkar," jelas Danramil.

"Syukurlah, api yang membakar lahan itu, cepat kita kuasai dan dipadamkan. Ini semua berkat terjadinya kerjasama yang baik dan memiliki semangat kepedulian dan kesiapsiagaan yang tinggi," ucapnya.

Danramil juga berharap masyarakat sekitar untuk tetap waspada dan siaga dalam rangka mengantisipasi terjadinya kebakaran mengingat saat ini sedang musim kemarau sehingga sangat rentan terjadi kebakaran.

"Di musim kemarau ini, terlebih banyak lahan-lahan yang mengering , mari lebih berhati-hati, seperti tidak membakar sampah dan membuang puntung rokok yang masih menyala sembarangan. Disisi lain, juga memperhatikan selalu instalasi listrik di rumah masing-masing agar tidak terjadi konsleting (arus pendek) yang dapat mengakibatkan kebakaran." imbau Danramil.

(Sumber Kodim 0510/Tigaraksa)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama