Uji Doktrin Serta Kesiapsiagaan Alutsista Dan Prajurit, TNI Gelar Latihan Gabungan Tahun 2023

Uji Doktrin Serta Kesiapsiagaan Alutsista Dan Prajurit, TNI Gelar Latihan Gabungan Tahun 2023 


ANEKAFAKTA.Jakartq

Berita Kolinlamil TNI AL,

Tentara Nasional Indonesia menggelar Latihan Gabungan (Latgab) TNI tahun 2023 yang dibuka oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono di Aula Gedung Serasan Sesko TNI, Bandung, Jawa Barat, Senin (17/7). Hadir dalam kegiatan tersebut sejumlah Pangkotama TNI dari tiga matra, diantaranya adalah Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Edwin, S.H., M.Han, M.H. yang dalam Latgab TNI 2023 berperan sebagai Panglima Komando Tugas Gabungan Pendaratan Administrasi (Kogasgabratmin).

Latihan Gabungan TNI tahun 2023 ini mengusung tema "Kogabwilhan TNI Melaksanakan Kampanye Militer di Mandala Operasi Dalam Rangka Menegakkan Kedaulatan NKRI". Salah satu tujuan digelarnya Latihan Gabungan TNI tahun 2023 untuk menguji kesiapsiagaan Kogabwilhan TNI untuk melaksanakan kampanye militer dalam rangka menghadapi kemungkinan kontijensi. Latihan yang berlangsung sampai dengan awal bulan Agustus 2023 tersebut  terdiri dari dua tahap yaitu Latihan Posko dan Manuver Lapangan (manlap). Geladi Posko kali ini berlangsung di tiga tempat sekaligus, yakni Kogabwilhan I di Seskoal, Kogabwilhan II di Sesko TNI dan Kogabwilhan III di Seskoau. 

Panglima TNI dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam konteks pertahanan dan keamanan, latihan gabungan TNI memiliki dimensi taktis, strategis, serta politis. Dalam dimensi taktis dan strategis, latihan ini diarahkan guna meningkatkan kemampuan perorangan dan satuan jajaran TNI, menguji kesiapan alutsista TNI, serta menguji aplikasi doktrin dan protap operasi gabungan dalam perencanaan dan pelaksanaan kampanye militer.

Sedangkan dalam dimensi politis, latihan gabungan TNI merupakan bentuk kontinuitas dan deterrence effect dalam penyelenggaraan keamanan negara di masa damai. Latihan ini diharapkan bisa menunjukkan kepada negara-negara lain sejauh mana kemampuan dan profesionalisme para prajurit dan alutsista TNI dalam menangkal dan menindak beragam ancaman terhadap kedaulatan negara.

"Latihan gabungan TNI kali ini merupakan implementasi dari visi saya sebagai Panglima TNI yaitu sebagai upaya mewujudkan TNI sebagai patriot NKRI, prajurit TNI profesional, modern dan tangguh. Sebuah kebulatan tekad untuk memberikan pengabdian terbaik bagi bangsa dan negara. TNI yang memiliki karakter patriot, akan membuat TNI semakin kuat, dan TNI yang kuat akan menjadikan rakyat serta negara Indonesia semakin bermartabat di mata dunia", ujar Panglima TNI. 


(Dispen Kolinlamil)


#kasal
#tni_angkatan_laut
#jalesvevajayamahe
#indonesiannavy

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama