Terkait Penyeludupan Ratusan Karton Rokok Ilegal, Kanwil Bea da Cukai Sulut Tolak Beri Keterangan


Terkait Penyeludupan Ratusan Karton Rokok Ilegal, Kanwil Bea da Cukai Sulut Tolak Beri Keterangan


Kantor Wilayah (Kanwil) Bea dan Cukai Sulawesi Utara (Sulut) menolak memberikan keterangan terkait dugaan pengiriman rokok ilegal merek New Berlin ke Filipina melalui Kabupaten Talaud. 

Penolakan penjelasan terjadi saat wartawan mengonfirmasi peristiwa itu bagian hubungan masyarakat (Humas), Kamis (06/07/2023).

Selain itu, Bagian Humas yang berjanji memberikan data, namun hingga kini tidak diberikan. 

Diperoleh informasi kalau pengiriman rokok ilegal pada 26 Mei 2023 itu, diduga melibatkan oknum pegawai Bea dan Cukai Bandara Samratulangi Manado, berinisial AA. 

Sedikitnya ada 450 karton rokok yang diseludupkan AA. Barang-barang haram tersebut disimpan dalam kontainer kemudian dibawa dari Pelabuhan Bitung ke Pelabuhan Manado. AA sendiri kabarnya pernah bertugas di Pulau Miangas.
Selanjutnya ratusan karton rokok ilegal itu diangkut kapal KM Gregorius, dengan tujuan Kabupaten Talaud. Dari Kabupaten Talaud, rokok-rokok tanpa label cukai diangkut menggunakan perahu pamo atau fosu menuju Filipina. 
Sumber yang menolak namanya dipublikasikan mengatakan, harusnya Kanwil Bea dan Cukai memberikan sanksi tegas kepada AA, karena perbuatannya telah merugikan negara senilai miliaran rupiah.

"Masa sudah merugikan negara dan perbuatannya telah diketahui publik tidak ada tindakan. Jangan-jangan sudah ada konspirasi antara AA dengan pejabat tertentu di Kanwil Bea dan Cukai Sulut," ujar sumber.   

Padahal lanjut sumber, Bea dan Cukai memiliki peran penting dalam pengawasan perdagangan internasional, sehingga sangat riskan jika peristiwa tersebut bisa terjadi.

Selain itu imbuh sumber, Bea dan Cukai bertugas melakukan pengawasan dan pelayanan di bidang ekspor impor, serta mempunyai fungsi trade facilitator (fasilitator perdagangan) dan industrial assistance (perlindungan industri). 

"Sebagai trade facilitator diantaranya memberikan fasilitas mendukung industri dalam negeri sehingga dapat bersaing dengan industri luar negeri. Bea dan cukai itu merupakan lembaga bentukan pemerintah untuk melindungi industri dalam negeri dari persaingan, bukannya membiarkan," jelas sumber.

Mau jadi apa negara ini kalau cara kerja petugas Bea dan Cukai seperti itu. Itu sebabnya kata sumber, pemerintah harus berani menindaki setiap pegawai Bea dan Cukai yang terbukti melakukan praktik ilegal, karena telah merugikan negara. 

(Arthur Mumu/Red)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama