SMP Putra Satria Melakukan Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Jum’at Sehat Bersih

Ket Foto: Kelas 92 Clean

SMP Putra Satria Melakukan Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Jum'at Sehat Bersih


"Kebersihan lingkungan sekolah dan kesehatan merupakan faktor pendukung yang sangat vital dalam menunjang proses Kegiatan Belajar Mengajar. Terciptanya suasana nyaman, bersih asri sehat jasmani rohani akan memberi dampak yang positif bagi warga sekolah," ungkap Johan Wahyudi selaku Kepala Sekolah SMP Putra Satria disela kegiatan Program Jum'at Bersih Sehat pada Jum'at, 21 Juli 2023 di Lapangan Olahraga Putra Satria School Jl. Ciledug Raya No. 46 RT. 006/04 Kel. Petukangan Utara Kec. Pesanggrahan Kota Adm Jakarta Selatan.
Dijelaskannya bahwa Program Jumat Bersih Sehat dilaksanakan di SMP Putra Satria rutin setiap Jumat minggu ketiga atau keempat.  Jum'at Bersih Sehat yang merupakan program kerja rutin dilaksanakan seluruh warga sekolah berkumpul di halaman sekolah untuk kerja bakti, di awali dengan senam bersama poco-poco, moumera, senam SKJ 88, senam Pelajar Pancasila.

"Selanjutnya dilakukan kerja bhakti membersihkan halaman sekolah, perpustakaan, mushollah, ruang kelas, taman, ruang guru, ruang praktik, dan sekitar lingkungan luar sekolah," jelasnya.
Ditegaskannya bahwa Budaya Jumat Bersih dapat menjadi kebiasaan yang baik dan menyehatkan dengan berbagai manfaat diantaranya menumbuhkan cinta dan peduli terhadap lingkungan sekolah. Tujuan utama dari kegiatan Jumat bersih adalah menumbuhkan rasa memiliki di kalangan siswa akan pentingnya kebersihan lingkungan demi kesehatan dan berjiwa sehat.

"Sehingga suasana belajar akan terasa nyaman, sekolah pun juga dapat terpelihara dengan baik," tegasnya. 
Ditambahkannya bahwa perilaku hidup bersih sangat menentukan pola hidup sehat di lingkungan tempat belajar khususnya, karena lingkungan yang sehat dapat meningkatkan konsentrasi belajar yang lebih tinggi dan mendukung sikap belajar yang antusias. 

Sehingga mempengaruhi produktifitas siswa dan guru dalam kegiatan belajar mengajar. 
"Kegiatan Jum'at bersih dilaksanakan oleh seluruh warga sekolah mulai dari karyawan, seluruh siswa, guru, dan Kepala Sekolah," imbuhnya.



Aziz/Red


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama