Penuhi Hak Pendidikan WBP, Rutan Barru Sepakati MOU Bersama PKBM Sipurio


Penuhi Hak Pendidikan WBP, Rutan Barru Sepakati MOU Bersama PKBM Sipurio


Rutan Kelas IIB Barru dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sipurio Kabupaten Barru telah resmi menjalin kerjasama dalam upaya memberikan pendidikan kesetaraan paket A, B, dan C kepada Warga Binaan Pemasyarakatan. Penandatanganan Nota Kesepahaman berlangsung Kamis 13 Juli 2023, di Ruang pertemuan Rutan Barru.

Nota kesepahaman ditandatangani oleh Kepala Rutan Kelas IIB Barru Mashuri Alwi dan Kepala PKBM Sipurio Masykur Sulaiman dan disaksikan oleh Kepala Subseksi Pelayanan Tahanan M. Ridwan bersama staf serta tiga anggota PKBM Sipurio.

M. Ridwan, Kepala Subseksi Pelayanan Tahanan menyampaikan bahwa pihaknya telah menyerahkan daftar peserta didik kepada PKBM Sipurio.
"Daftar tersebut mencakup persyaratan dan kelengkapan berupa Kartu Keluarga bagi peserta paket A setara SD, fotokopi ijazah bagi peserta paket B dan C" ungkap M. Ridwan

Lebih lanjut beliau mengatakan, "Insya Allah programnya akan segera dilaksanakan dalam waktu dekat. Pembelajaran akan resmi dilaksanakan kalau peserta didiknya sudah terdaftar di data pokok pendidikan (dapodik)" jelas M. Ridwan.

Sementara itu Karutan Barru Mashuri Alwi mengungkapkan kerja sama ini merupakan bentuk pemenuhan hak warga binaan.
"Hak memperoleh pendidikan merupakan hak setiap warga negara termasuk bagi mereka yang menjalani masa pidana. Oleh karena itu kami bekerja sama dengan PKBM Sipurio agar warga binaan bisa mendapat pendidikan yang sama seperti masyarakat lainnya" terang Karutan


Kerjasama antara Rutan Kelas IIB Barru dan PKBM Sipurio ini menunjukkan komitmen untuk memberikan kesempatan pendidikan kepada WBP. 
"Dengan adanya program pendidikan ini, diharapkan WBP dapat meningkatkan kualitas diri dan memiliki bekal yang cukup untuk menghadapi masa depan mereka setelah bebas" tambahnya.

Darman Effendy/Red

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama