Pembangunan Tembok Penahan Tebing Longsor di Dusun II Desa Onozikho Menuju Desa Gada Sangat Bermanfaat Bagi Masyarakat dan Dinikmati Warga Sekitar


Pembangunan Tembok Penahan Tebing Longsor di Dusun II Desa Onozikho Menuju Desa Gada Sangat Bermanfaat Bagi Masyarakat dan Dinikmati Warga Sekitar

ANEKAFAKTA.COM,Gunungsitoli

Pembangunan tembok penahan tebing (TPT) atau tembok anti longsor diruas Jalan Dusun II Desa Onozikho menuju Desa Gada Kecamatan Gunungsitoli Barat Kota Gunungsitoli, telah rampung 100% sesuai Rencana Anggaran Biaya RAB dan harapan masyarakat, Rabu (13/07/2023).

Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Gunungsitoli sebagai pihak Dinas pengawas ketika dikonfirmasi media ini di Kantornya, Kamis (13/07/2023), melalui Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Adiman Harefa menilai bangunan tersebut sudah kuat dan sesuai perhitungan anggaran.
"Iya, patut kita syukuri pembangun TPT diruas jalan Dusun II Desa Onozikho menuju Desa Gada Kecamatan Gunungsitoli Barat, Kota Gunungsitoli sudah rampung sesuai Cost Planning atau RAB (Rencana Anggaran Biaya)," Ucapnya PPK.

"Kejadian itu sebenarnya sudah lama tahun 2020 awal longsor terjadi dan di tahun 2021 kembali terjadi longsor susulan hingga membawa badan jalan ambruk, beberapa tokoh masyarakat disana mengusulkan kepada Dinas BPBD Kota Gunungsitoli sebagai Badan Penanggulangan Bencana Daerah agar bisa difasilitasi Pembangunan Tembok Penahan Tebing Longsor (TPT) mengingat berdampak besar kepada beberapa unit rumah warga yang berada tepat dekat dititik longsor dan memutuskan akses jalan keluar masuk Desa"

"Lanjutnya, namun pada saat Tokoh masyarakat mengajukan permohonan pembangunan TPT di Dusun II Desa Onozikho bertepatan pembahasan kegiatan di Pemko Gunungsitoli dan Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Gunungsitoli sudah selesai, dan mengingat juga Dana anggaran cukup besar kita anggarkan di tahun anggaran 2022 pelaksanaan tahun 2023 yang saat ini telah selesai dikerjakan oleh rekanan CV. Bovan, BPBD selaku Dinas penganggaran satuan kerja  sudah melaksanakan Serah Terima Sementara Pekerjaan (Provisional Hand Over-PHO), kemaren Jumat (13/07/2023)," Jelas Adiman Harefa.

Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Gunungsitoli setelah selesai melaksanakan PHO dan tahapan pemeliharaan oleh rekanan pelaksana CV. Bovan. Sesuai waktu yang ditentukan beberapa bulan kedepan tetap masih tanggung jawab kita sampai masa yang ditentukan lamanya," Akhir kata PPK.

Tempat terpisah Direktur Penyedia jasa, CV. Bovan Taliziduhu Hulu saat ditemui wartawan dilapangan, Rabu (12/07/2023), mengatakan kita sebagai rekan pelaksana yang dipercaya Dinas BPBD Kota Gunungsitoli, telah bekerja maksimal sesuai Kontrak, Gambar dan RAB atau Volume Pekerjaan pembangunan TPT ruas jalan Dusun II, Desa Onozikho menuju Desa Gada, Kecamatan Gunungsitoli Barat, Kota Gunungsitoli," Kata Taliziduhu Hulu.

"Sampai tahap ini pekerjaan  TPT setinggi 260 M panjang 150 M sistem bentuk berupa tangga tiga tingkatan memakai Burvail dan Pondasi menelan anggaran Rp.1.792.432000,- (satu milyar tujuh ratus sembilan puluh dua juta empat ratus tiga puluh dua ribu rupiah), Sumber Dana Hibah RR T.A 2022 pada APBD Kota Gunungsitoli T.A 2023 masa kerja 150 hari kalender mulai tanggal 13 Februari 2023 selesai 13 Juli 2023, satu kerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Gunungsitoli." Jelas Direktur CV. Bovan.

Lanjutnya, Direktur CV. Bovan selaku rekanan pelaksana dilapangan tetap masih ada tanggung jawab semasa pemeliharaan fisik pembangunan TPT Dusun II Desa Onozikho menuju Desa Gada Kecamatan Gunungsitoli Barat, beberapa bulan kedepan sesuai waktu yang telah ditentukan setelah selesai PHO kepada Dinas BPBD Kota Gunungsitoli pada tanggal (12/07/2023), semasa pemeliharaan tetap kita cek dilapangan dan apapun kendala tetap masih tanggung jawab dari rekanan pelaksana sepenuhnya," akhir Jelasnya.

Menurut pantau media ini dilapangan proyek pembangunan TPT ruas jalan Dusun II, Desa Onozikho menuju Desa Gada, Kecamatan Gunungsitoli Barat, Kota Gunungsitoli, sudah rampung sesuai harapan masyarakat dan telah dinikmati warga sekitar untuk kelancaran akses keluar masuk berbagai kepentingan sehari-hari menuju Kota Gunungsitoli dan Kabupaten lainya.

"Pembangunan Tebing Penahan Longsor Dusun II Desa Onozikho menuju Desa Gada telah rampung sesuai harapan yang di inginkan masyarakat dan telah dinikmati penguna jalan baik roda dua dan roda empat untuk akses keluar masuk berbagai kepentingan kelancaran perkembangan ekonomi terutama masyarakat sekitar lokasi dan sebaliknya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama