Pangkoarmada RI Hadiri Acara Program "Keluarga Keren Bebas Stunting Tahun 2023", TNI AL dan BKKBN.


Pangkoarmada RI Hadiri Acara Program "Keluarga Keren Bebas Stunting Tahun 2023", TNI AL dan BKKBN.


TNI Angkatan Laut, Koarmada RI,

Panglima Komando Koarmada Republik Indonesia (Pangkoarmada RI) Laksamana Madya TNI Heru Kusmanto didampingi Ketua PG Jalasenastri Armada RI Ny. Yayuk Heru Kusmanto menghadiri acara TNI Angkatan Laut bekerja sama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggelar program "Keluarga Keren Bebas Stunting" yang dipusatkan di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Selasa 18 Juli 2023.

Program ini bertujuan untuk mengatasi masalah stunting dan menciptakan sumber daya manusia yang sehat, cerdas, dan produktif dalam rangka pembangunan yang berkelanjutan.

Dalam acara pembukaan kegiatan ini, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali diangkat sebagai Bapak Asuh Anak Stunting, dan Ketua Umum Jalasenastri, Fera Muhammad Ali, sebagai Bunda Asuh Anak Stunting.

Selama dua hari, 18 hingga 19 Juli 2023, akan dilaksanakan sejumlah kegiatan edukatif di Kabupaten Sumenep dan Pulau Masalembu. Kegiatan tersebut mencakup penyuluhan tentang gizi dan stunting, keluarga berencana, serta memasak menu sehat. Dalam program ini juga dilaksanakan bakti sosial penyerahan paket menu sehat kepada anak-anak yang mengalami stunting dan ibu menyusui. TNI AL juga turut melibatkan kapal bantuan rumah sakit KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 yang melibatkan 136 tenaga kesehatan dalam operasi kemanusiaan.

Dalam kegiatan ini, mereka akan memberikan bantuan kesehatan seperti operasi mayor, bibir sumbing, khitanan, operasi katarak, serta pengobatan gigi dan mulut kepada masyarakat.

"Kegiatan ini dilaksanakan serentak oleh seluruh jajaran TNI AL di seluruh Indonesia, ada 14 Lantamal dari Indonesia bagian barat hingga wilayah Indonesia paling timur," kata Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali, di Keraton Sumenep, Selasa, 18 Juli 2023.

Menurutnya, kegiatan ini sejalan dengan arahan dan program Pemerintah Pusat untuk menurunkan angka stunting menjadi 14 persen pada tahun 2024. Kasal berharap dengan kerja sama semua pihak, target tersebut dapat tercapai.

Acara pembukaan ini dihadiri oleh Kepala BKKBN RI, Hasto Wardoyo, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo, dan juga pejabat tinggi dari lingkungan TNI-POLRI. 

Demikian berita Dispen Koarmada RI.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama