Mahasiswa UIN Alauddin Makassar, lakukan PPL pada Lapas Narkotika Sungguminasa


Mahasiswa UIN Alauddin Makassar, lakukan PPL pada Lapas Narkotika Sungguminasa

#sobatika

ANEKAFAKTA.COM,Sungguminasa

Mahasiswa Fakultas Hukum dan Syariah Universitas Negeri Alauddin (UIN) Makassar melaksanakan Praktikum Pengenalan Lapangan (PPL) pada Lapas Narkotika Kelas IIA Sungguminasa, Rabu (26/07). Sebanyak 4 orang diantaranya akan melaksanakan PPL pada Lapas Narkotika Sungguminasa, dan lainnya juga akan melaksanakan PPL pada Lapas Perempuan Kelas IIA Sungguminasa.


Kepala Lapas, Andi Mohammad Syarif, didampingi Kasubbag TU, Anwar, Kasi Binadik, Dian Eka Junianto, dan Kasubsi Registrasi, Armin Fauzy menerima 4 orang mahasiswa yang didampingi dosen Pembimbing yang akan melaksanakan PPL selama 1 bulan lamanya.

Untuk diketahui, kegiatan yang disingkat PPL ini merupakan program dari UIN Alauddin Makassar untuk memberikan pengalaman kerja kepada mahasiswa untuk terjun langsung dan menerapkan ilmu dan menggagas inovasi kepada masyarakat, khususnya pada PPL ini bertempat pada Lapas.

Dosen Pendamping Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum UIN, Subhan Halik,  mengungkapkan bahwa kegiatan mahasiswa kami akan berlangsung selama satu bulan diharapkan dengan waktu tersebut dapat membuat program-program kegiatan yang dapat mendukung dan bermanfaat untuk pelakasanaan tugas dalam lapas.

Beliau mengingatkan untuk menjaga tingkah laku dan sikap selama melakukan PPL di Lapas. "Ingat anda bertingkah laku diluar tidak sama didalam lapas, ada dunia diluar yang tidak bisa dilakukan dalam sini," terang Subhan.

"Dengan segala kerendahan hati, mohon dibimbing secara maksimal mahasiswa kami, semoga dapat memberi manfaat pada program-program kegiatan dalam Lapas,"pungkas Subhan.

Sementara itu, Kalapas, Andi menyampaikan beberapa arahan kepada mahasiswa PPL terkait kondisi Lapas dan Pembinaan-Pembinaan yang ada dalam Lapas.

"Bersyukur bisa melaksanakan PPL pada lapas, secara umum kita bisa ngobrol diskusi berkaitan dengan lapas, bagaimana kondisi di dalam Lapas," terang Andi.

Andi juga menyampaikan terkait hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan mahasiswa selama melakulan PPL diantaranya hal-hal  terkait keamanan dan ketertiban dalam Lapas diantaranya tidak mengambil  gambar tanpa izin terkait Lapas, dan mengikuti aturan-aturan yang ada dalam Lapas.

"Intinya kami menerima kalian dengan baik silahkan mengikuti arahan dan petunjuk. Jangan mengambil gambar sesuka hati, harus diblur. Apapun yang kita buat pada tulisan nanti menjaga privasi mereka,"terang Andi.

Lebih lanjut, Kalapas mengucapkan selamat datang kepada adik-adik mahasiswa yang akan melaksanakan PPL. 


"Lapas Narkotika adalah lapas spesifik yang membina Warga Binaan kasus narkotika dimana lapas narkotika menjadi salah satu diantara  UPT percontohan dalam melaksanakan rehabilitasi."Tutur Andi.

Darman Effendy/red

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama