Kaskoarmada RI Sambut Kedatangan Kapal Perang Amerika Serikat USS Blue Ridge (LCC-19)


Kaskoarmada RI Sambut Kedatangan Kapal Perang Amerika Serikat USS Blue Ridge (LCC-19)

TNI Angkatan Laut, Koarmada RI, 


Panglima Komando Koarmada Republik Indonesia (Pangkoarnada RI) Laksdya TNI Heru Kusmanto, yang diwakilkan oleh Kepala Staf Komando Armada (Kaskoarmada) RI Laksda TNI Didong Rio Duta menyambut kedatangan kapal perang Angkatan Laut Amerika Serikat USS Blue Ridge (LCC-19) yang dikomandani oleh Captain Gregory Jr. bertempat di Dermaga 107 JICT II Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu 26 Juli 2023.

Kedatangan kapal perang Angkatan Laut Amerika Serikat USS Blue Ridge (LCC-19) dan onboard Panglima Armada ke-7 Vice Admiral Karl Thomas di pelabuhan Tanjung Priok ini disambut hangat oleh Kaskoarmada RI Laksda TNI Didong Rio Duta.

USS Blue Ridge (LCC-19) merupakan kapal komando amfibi Armada ke-7 Amerika Serikat, yang bertugas mendukung fungsi komando, kontrol, komunikasi, komputer dan intelijen untuk Panglima Armada ke-7 dan staf, selama berada di Indonesia guna menjalani misi pelayaran rutin di kawasan Asia sebelum kembali ke markasnya di Yokosuka Jepang.

Kunjungan ini menunjukkan hubungan yang kuat dan erat kedua negara, khususnya antara TNI Angkatan Laut dengan Angkatan Laut Amerika Serikat. Hubungan persahabatan ini sangat penting untuk memperkuat kerja sama militer dan meningkatkan persaudaraan angkatan laut kedua negara. Oleh karena itu, kunjungan ini dapat meningkatkan semangat navy brotherhood dan juga hubungan bilateral antara pemerintah Indonesia dan pemerintah Amerika Serikat dalam berbagai bidang kerja sama yang didasari nilai-nilai demokratis dan kepentingan bersama sebagai negara maritim.

Menurut rencana, selama empat hari berada di Indonesia personel USS Blue Ridge (LCC-19) akan melaksanakan beberapa kegiatan yang telah dikoordinasikan oleh TNI Angkatan Laut dengan Atase Pertahanan Amerika Serikat, antara lain courtesy call, special open ships, deck reception, bakti sosial bersih-bersih pantai dan penanaman mangrove, olahraga bersama, perform Navy Band USS Blue Ridge (LCC-19), dan passing exercise.

Dispen Koarmada RI

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama