Jokowi dan Masa Depan Indonesia


Jokowi dan Masa Depan Indonesia 



Oleh Tubagus Solehudin,
Ketua Solehudin Politic School

Masa depan Indonesia sedang diwujudkan oleh Jokowi. Berbagai pembangunan Infrastruktur yang akan menjadi suporting kemajuan bangsa sedang giat giatnya dikerjakan. Mulai dari jalan Tol yang tersambung dari ujung barat hingga ujung timur pulau jawa, yang sudah bisa dilihat karya nyatanya. Jalan Trans Sumatera,trans kalimantan,Trans Papua,dan berbagai pembangunan Infrastruktur lainnya terus digenjot. Tujuannya hanya satu,menjadi Indonesia seutuhnya.

Pembangunan infrastruktur yang massif di zaman Kepemimpinan Jokowi begitu terasa. Kebanggaan sebagai bangsa besar mulai tertanam dalam jiwa mental anak anak bangsa. Kita Indonesia semakin kuat terpatri dan secara berlahan lahan menjadi kekuatan kasat mata yang tangguh. Menjadi Indonesia adalah kebanggaan. Menjadi Indonesia adalah harapan.

Masa depan Indonesia bukan lagi menjadi angan angan atau guyonan. Tapi sudah menjadi keyakinan yang nyata. Indonesia di bawah kepemimpinan Jokowi secara meyakinkan menjelma menjadi negara yang berkharisma. Yaitu negara yang disegani dan dihormati. Saya tertegun mendengar penuturan pak Jokowi dalam debat ke 4 beberapa tahun  yang lalu di arena adu gagasan pilpres. Beliau menyatakan bahwa kekuatan bangsa Indonesia adalah negara Muslim Moderat Terbesar di dunia. Ini adalah modal kita yang sering diabaikan dalam mengokohkan peran peran penting Indonesia yang sangat strategis.

Adalah fakta Indonesia negara Muslim Moderat terbesar di dunia. Tapi baru kali ini dari seorang Jokowi yang menganggap penting sebuah identitas penegasan sebagai kartu truf dalam pergaulan dunia internasional. Menurut saya ini sangat mengagumkan. Dan Pak Jokowi menunjukan keberpihakannya yang jelas kepada Bangsa Indonesia yang mayoritas Muslim Moderat. Islam sebagai identitas kebangsaan yes. Tapi nilai nilai Islam yang terkandung dalam Pancasila sebagaimana yang termaktub dalam pembukaan UUD 1945 jauh lebih berharga untuk diimplementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Meskipun Indonesia mayoritas Muslim, Sikap Pak Jokowi sangat jelas dan terlihat terang benderang dalam penegakan Pancasila dalam setiap butirnya.

Bagi orang yang waras, Kepemimpinan Pak Jokowi sebagai kepala Negara dan kepala pemerintahan tidak terlihat berat sebelah. Atau dalam bahasa kerennya tebang pilih. Koridornya jelas, hukum sebagai panglima. Kekuasaan politik yang digenggam bukanlah palu godam yang bisa digunakan untuk membunuh yang berlawanan dengan beliau. Hal ini saya kira, sangat jauh berbeda dengan rezim orde baru yang despotik.

Kepemimpinan beliau sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan pada periode pertama telah terbukti mampu mengemban amanat penderitaan rakyat. Semangat kerja keras beliau yang mau blusukan langsung ke jantung rakyat terbukti ampuh menularkan energi positif. Rakyat tidak lagi melihat pemimpin dari rumah kaca. Tapi bisa menyentuh langsung dan menggenggam tangan beliau tanpa rasa takut.

Pak Jokowi bukan tipe Pemimpin rumah kaca. Cuma bisa di pandang dan hanya memandang dari kejauhan. Beliau merupakan pemimpin yang berasal dari,oleh dan untuk rakyat. Ini baru pertama terjadi dalam sejarah Indonesia modern kita. Tipe kepemimpinan model seperti pak Jokowi merupakan landasan yang kuat bagi masa depan bangsa Indonesia.

Kita harus jujur mengakui, kekuatan mental Pak Jokowi sebagai Pemimpin Bangsa Besar Indonesia sudah terbukti membawa perubahan yang signifikan bagi kemajuan bangsa. Keberanian beliau dalam mengeksekusi keputusan merupakan point tersendiri yang patut kita apresiasi. Banyak hal yang sudah terbukti. Saham freeport sudah mayoritas dimiliki bangsa Indonesia, begitu juga dengan proyek proyek yang mangkrak pada pemerintahan periode sebelumnya. Menurut saya ini merupakan energi ketauladan yang sangat kuat untuk membangun kepercayaan diri rakyat Indonesia. Bangsa kita terutama generasi milenial zaman now memiliki sosok kongkrit seorang negarawan yang bisa dilihat, digenggam erat tangannya, menyapa dengan senyum ramah dan santun. Bersama dalam satu napas derita dengan rakyat yang dipimpinnya.

Saya selalu update mengikuti berita berita tentang beliau. Kesimpulan saya simple saja tentang Pak Jokowi, bahwa beliau sedang membangun sejarahnya sendiri untuk dipersembahkan kepada rakyat Indonesia. Karena beliau adalah merupakan jembatan Rakyat Indonesia untuk memasuki era baru di zaman masa depan.

Kita bangsa Indonesia bersyukur punya Pemimpin Negarawan Yang Bernama Joko Widodo.

Kita berharap semoga pelanjut kepemimpinan beliau bisa melanjutkan janji-janji kemerdekaan yang didambakan oleh rakyat Indonesia. Amiin.

TB,Solehhudin/Red

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama