Dua Monyet Buas, Berhasil Ditangkap Oleh Tim Rescue 811 Kota Bandung


Dua Monyet Buas, Berhasil Ditangkap Oleh Tim Rescue 811 Kota Bandung




Kembali Tim Rescue 811 Kota Bandung berhasil menangkap dan mengamankan 2 ekor Monyet buas dengan menggunakan jaring kemudian dibius.
Penangkapan kedua ekor Monyet Buas ini dilakukan oleh Tim Rescue 811 Kota Bandung yang dipimpin oleh Bela Bakti Negara di Jl.Sukajadi tepatnya depan RS.Hasan Sadikin Bandung Jumat (21/7/202).

Sebelumnya Tim Rescue 811 memerima informasi sekitar pkl 16:09, soal adanya monyet liar memasuki dapur rumah makan di Jl.Pasteur Kelurahan Pasir Kaliki, Kecamatan Cicendo.

Menurut pemilik warung, monyet ini diperkirakan sudah berada diatas rumah sekitar 5 hari yang lalu, ia pun menceritakan bahwa monyet juga sempat masuk kamar karyawanya, dan mengacak acak kamar, kemudian masuk kedapur lalu melemparkan semua barang barang yang ada di dapur, merasa khawatir dengan pengunjung Rumah Makanya, lantas pemilik warung menghubungi petugas dari Rescue 811.

Tim Rescue 811 Kota Bandung yang mendengar laporan dari warga, soal adanya dua ekor monyet buas  tersebut, segera bergegas kelokasi, dengan berkordinasi pada Dinas Kebakaran PB.UPT Bandung Barat, yang sudah datang terlebih dahulu.

Dengan waktu yang lumayan lama, pengejaran monyetpun
akhirnya berhasil dengan menggunakan jaring, lalu kemudian dilakukan pembiusan, karena dikawatirkan monyet akan secara tiba tiba menyerang petugas.

Akhirnya 2 ekor Monyet buas pun bisa diamankan, lalu disimpan sementara di sekretariat yang nantinya akan dilepas liarkan.

Sebelumnya diberitakan balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bandung juga telah berhasil mengevakuasi seekor beruang madu (helarctos malayanus) yang dipelihara warga Rabu 10/5/2023.

 Awalnya binatang yang usianya kurang lebih 1,5 tahun tersebut diperoleh oleh warga masyarakat yang tidak memiliki dan melengkapi dokumen sah dari negara. dengan sukarela binatang tersebut diserahkan dengan cara melapor petugas rescue 811, untuk diserahkan kepada  negara melalui BKSDA Provinsi Jawa Barat. Ketua Tim Rescue 811 Jawa Barat Bela Bakti Negara segera menyambangi rumah warga bersama tim, untuk mengevakuasi binatang yang dilindungi tersebut.

Saat pengevakuasian dilakukan terlihat beruang madu hanya di masukan ke Kandang Kawat, yang kondisinya sangat memprihatinkan, kemudian petugas membawanya kesalah satu rumah warga dan memindahkanya kedalam kandang yang sudah di siapkan. Dan kini beruang madu tersebut sudah diserahkan kepadavnegara melalui BKSDA Provinsi Jawa Barat.

"Setelah kita evakuasi  dan kita lakukan pemeriksaan kondisi beruang tidak mengalami luka yang begitu serius," ujarnya

Lebih lanjut Bela Bakti Negara  mengatakan, binatang yang masuk apendik 1 atau hewan yang sudah tergolong terancam punah itu, memiliki berat badan 60 kilogram, dengan usia diprediksi mencapai 3 - 4 tahun. 

Kemudian, tambahnya, mengenai satwa dilindungi itu, akan dilepas kembali ke habitatnya, setelah kondisi beruang tersebut membaik dan pulih pungkasnya.

(Yudhi/Red)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama