Tingkatkan Kesadaran Dalam Mengapresiasi Masyarakat Lanjut Usia, Lapas Cipinang Berperan Serta Peringati Hari Lanjut Usia Nasional


Tingkatkan Kesadaran Dalam Mengapresiasi Masyarakat Lanjut Usia, Lapas Cipinang Berperan Serta Peringati Hari Lanjut Usia Nasional 

ANEKAFAKTA.COM,Jakarta

Hari Lanjut Usia (Lansia) Nasional diperingati setiap tahunnya pada tanggal 29 Mei. Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) yang digagas oleh Dr. KRT Radjiman Widyodiningrat ini bertujuan untuk menggugah kesadaran masyarakat mengenai pentingnya apresiasi terhadap peran masyarakat lanjut usia atau lansia dalam pembangunan negara. 


Pemerintah secara khusus memberikan perhatian kepada masyarakat lanjut usia berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 88 Tahun 2021. Hal ini disampaikan secara langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, Ibnu Chuldun, yang didampingi oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan, Marselina Budiningsih saat membuka kegiatan Hari Lanjut Usia di RSU Pengayoman Cipinang Jakarta, Kamis (22/06/2023). 

Dalam kesempatan ini, 76 warga binaan lanjut usia Lapas Kelas I Cipinang turut memperingati Hari Lansia Nasional. Diantaranya terdapat perwakilan 3 orang warga binaan menghadiri langsung kegiatan di RSU Pengayoman Cipinang dan 73 warga binaan didampingi Kepala Lapas Kelas I Cipinang, Tonny Nainggolan beserta jajaran melaksanakan kegiatan dan menyaksikan secara virtual pembukaan dimaksud bertempat di aula gazebo Lapas Kelas I Cipinang. Kegiatan ini turut diikuti oleh UPT Lapas dan Rutan di lingkungan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta.

Dalam pembukaan kegiatan Hari Lansia Nasional, Ibnu Chuldun memberikan bantuan sosial secara langsung kepada para Lansia. Beliau pun berharap kegiatan ini bisa meningkatkan pengetahuan dan partisipasi WBP tentang pentingnya menjaga kesehatan. “Mari kita Jadikan kegiatan ini sebagai percontohan bagi Kantor Wilayah Kemenkumham se-Indonesia dan kumpulkan data yang dapat dijadikan sebagai bahan untuk pembuatan program bagi Lansia di Lapas dan Rutan," tutup Ibnu.


Usai Kegiatan Pembukaan selesai, kegiatan dilanjutkan dengan penyuluhan kesehatan, senam lansia dan pemeriksaan serta konsultasi bagi warga binaan Lansia yang dilaksanakan pada masing-masing UPT Lapas dan Rutan di lingkungan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta.

@kemenkumhamri
@ditjenpas
@kanwilkumhamdki

#SemakinPASTI
#Pemasyarakatan
#ASNBerAKHLAK
#kanwilkumhamdki

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama