Rayakan Idul adha, Lapas Kediri Gelar Sholat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Kurban


Rayakan Idul Adha, Lapas Kediri Gelar Sholat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Kurban



Kamis (29/06/23) Warga Binaan yang beragama muslim di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kediri Kantor Wilayah Hukum dan HAM Jawa Timur rayakan Idul Adha. Ratusan Warga Binaan berbondong-bondong mendatangi Masjid At-taubah untuk melaksanakan shalat Idul Adha.

Pegelaran sholat yang harusnya berada di Lapangan blok Lapas Kediri, dialihkan ke Masjid karena cuaca mendung gerimis sehingga hanya Warga Binaan perwakilan Kamar yang mengikuti Sholat Idul Adha ini. Namun demikian, antusias Warga Binaan cukup tinggi hingga pelaksanaannya berjalan lancar dan warga binaan yang mengikuti Sholat terlihat khusuk menikmati atmosfer Hari Raya Idul Idha.
Kepala Lapas Kediri, Hanafi yang berada di shaf paling depan beserta jajarannya turut hadir merayakan Idul Adha bersama Warga Binaan Lapas Kediri. bertindak sebagai Imam dan Khotib, Kepala Kantor Kemenag Kota Kediri Ustadz Moh Qoyyim menyampaikan pesan dalam khutbahnya agar selalu meneladani sifat-saifat Nabi layaknya Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail melalui momen Idul Adha ini.


 "Meneladani sifat sabar, sifat taat dari Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail As yang diperintahkan Allah SWT melalui mimpi Nabi Ibrahim As untuk menyembelih putranya Ismail yang di tunggu kehadirannya selama bertahun tahun lamanya, dengan ketaatannya nabi Ismail As mempersilakan ayahnya untuk menyembelih dirinya. 


Di saat akan di sembelih Allah menurunkan mu'jizat nya untuk mengganti Nabi Ismail As dengan seekor domba. Dengan kejadian tersebut dapat di ambil hikmah bahwasanya kita sebagai Insan yang sedang di uji berada di Lapas Kediri ini harus sabar dan selalu taat atas perintah Allah, sehingga nantinya akan muncul kebahagiaan diri melalui mu'jizat yang diturunkan oleh Allah SWT"
Setelah Sholat Idul Adha dilanjutkan dengan Penyembelihan Hewan Kurban. Pada tahun ini Lapas Kediri memotong hewan kurban sebanyak 1 ekor Sapi dan 11 ekor kambing, daging qurban ini keseluruhan untuk di nikmati seluruh Warga Binaan Lapas Kediri.
Hanafi menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha 1444 H bagi seluruh warga binaan maupun seluruh petugas Lapas Kediri yang merayakannya. 


"ini merupakan momentum yang baik dimana kita masih diberikan kesempatan bersama-sama untuk melaksanakan Sholat Idul Adha dan Bermaaf-maafan serta sebagai wujud ketaqwaan kita Kepada Allah dan sebagai pelaksanaan pembinaan kerohanian dan kepribadian bagi Petugas Lapas Kediri." ujar Hanafi.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama