Kodim 0510/Tigaraksa Gelar Binsiap Apwil dan Puanter Bidang Teritorial Semester l TA 2023



Kodim 0510/Tigaraksa Gelar Binsiap Apwil dan Puanter Bidang Teritorial Semester l TA 2023

ANEKAFAKTA.COM,Tigaraksa 

Kodim 0510/Tigaraksa, Korem 052/Wijayakrama melaksanakan Pembinaan Kesiapan Dan Kemampuan Teritorial (Binsiap Apwil dan Puanter) Bidang Teritorial Semester l TA 2023 di Aula Darmawangsa, Makodim 0510/Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Rabu (21/06/2023).

Kegiatan ini, secara resmi dibuka oleh Komandan Kodim 0510/Tigaraksa Letkol Arh S.S Bandjar yang di wakili Pasi Pers Kapten Inf Triyadi dengan tujuan meningkatkan pelaksanaan pembinaan dan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat di wilayah teritorial Kodim 0510/Tigaraksa.

Sambutan Dandim 0510/Tigaraksa Letkol Arh S.S Bandjar yang disampaikan melalui Pasi Pers mengatakan, melalui kegiatan ini, kita akan mampu meningkatkan kemampuan kerja, baik manajemen teritorial maupun pembinaan di wilayah.

"Jadikan kegiatan ini, sebagai barometer bagi kita selaku aparat kewilayahan guna menunjang tugas pokok Kodim dengan tujuan sebagai bekal tugas pemberdayaan wilayah pertahanan darat melalui kegiatan metode Binter di lapangan sekaligus untuk meningkatkan kualitas dan produktifitas kerja" ujar Dandim

Menurutnya, kegiatan ini juga merupakan bagian yang sangat penting bagi kesiapan seluruh aparat kewilayahan dalam menjalankan fungsi pembinaan teritorial sekaligus sebagai fungsi utama di TNI AD.

Diakhir sambutannya, Dandim juga menegaskan beberapa penekanan kepada para peserta untuk dijadikan pedoman dalam bertugas diantaranya, meningkatkan dan pelihara kesiapan sebagai aparat wilayah serta mantapkan kemampuan teritorial, meningkatkan kemampuan pemberian laporan kepada Komando atas agar dapat di tindak lanjuti.

Sementara itu, Mayor Kav Dwi Joko P Pasi Puan Ter korem 052/Wijayakrama, dalam penyampaian materi tentang metode Binter mengatakan, para Babinsa wajib mengetahui tugas pokok di wilayah teritorialnya.

"Artinya bersama Tiga pilar harus saling berkolaborasi dalam memberikan kepercayaan masyarakat untuk mengatasi kesulitan masyarakat di wilayah binaan masing - masing," terangnya.

Ditambahkannya, babinsa harus mengetahui dan menguasai medan di wilayah binaan seperti potensi wilayah, ketahanan wilayah, penurunan stunting dan faktor Demografi guna mendukung tugas pokok TNI.

Sedangkan Kapten Inf Ali Maskuri SE dalam materinya menyampaikan, agar para Babinsa selalu mengupdate perkembangan situasi yang berkembang.

"Terlebih di era modern seperti sekarang ini, dimana media sosial mudah sekali di akses untuk diketahui perkembangannya. Untuk itu, jangan kita mudah menerima berita hoax ataupun menjadi menyebarkan berita hoax tersebut." jelasnya.

Disampaikan juga bahwa, ke depan dalam waktu dekat, kita akan memasuki bulan Pemilu. Karenanya TNI harus menjaga netralitas dan kita berikan rasa aman pada masyarakat terutama pada wilayah binaan.

"Babinsa ujung tombak satuan teritorial, jadilah sosok Babinsa yang didambakan masyarakatnya." tutupnya.

Hadir Dalam kegiatan Mayor Arh Joni Tandi Bura Pabanda Puan Ter Kodam Jaya, Mayor Kav Joko P. Pasi Puan Ter Korem 052/Wijayakrama,kapten Inf Triyadi Pasi pers kodim 0510/Tigaraksa,Kapten Inf Hartono Pasi Log kodim 0510/Tigaraksa,Kapten Inf Ali Maskuri Danramil 05/Balaraja.

(Sumber Kodim 0510/Tigaraksa)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama