Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia Melalui Gerakan Menanam Pohon Mangrove Forum Pemuda NTT - Bali



Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia Melalui Gerakan Menanam Pohon Mangrove Forum Pemuda NTT - Bali


Belum lama ini penanaman mangrove menjadi agenda dalam perhelatan G 20 di bali. Sesuai arahan Presiden Indonesia Bapak Ir. Joko Widodo  kepada seluruh instansi pemerintah, komunitas dan seluruh lapisan masyarakat agar ikut berperan serta dalam gerakan peduli alam dengan menanam mangrove atau pohon bakau.
Hari ini sabtu, tanggal 17 Januari 2023 bertempat  di kawasan hutan mangrove Bendungan Gerak Tukad Mati Tuban, Kec.Kuta - Bali. Forum Pemuda  NTT ( Nusa Tenggara Timur ) Bali, melaksanakan Gerakan Penanaman Mangrove, dengan tujuan mewujudkan alam yang lestari dan bermanfaat bagi kehidupan manusia. 

Ketua Umum Forum Pemuda NTT Bapak. Yohanes Hiba Ndale pada sambutannya menyampaikan beberapa hal terkait manfaat dari penanaman pohon mangrove yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia atau ekosistem sekitar hutan mangrove diantaranya, menjadi pelindung kawasan pesisir, melindungi laut dari lumpur dan air lebih jernih, mengembalikan habitat hewan dan makhluk hidup lainnya, mengembalikan rantai makanan pada ekosistem hutan bakau, memproduksi oksigen lebih banyak sebagai paru – paru dunia, dan juga berfunsi ekonomis dengan dijadikan tempat wisata. 

Beliau juga menyebutkan bahwa Forum Pemuda NTT DPW Bali menjadi contoh dan teladan bagi dpw – dpw yang lain, karena kegiatan ini sangat besar manfaatnya.
Berdasarkan Peta Mangrove Nasional yang resmi dirilis oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, total luas ekosistem mangrove Indonesia mencapai 3.364.076 Ha atau 20,37% dari total luas dunia. 

Tidak hanya menanam mangrove sebanyak 510 pohon, Forum Pemuda NTT juga melaksanakan giat Berbagi Sembako sebagai wujud rasa peduli dan cinta kasih terhadap sesama. Di hadiri lebih kurang 550 orang anggota, Forum Pemuda NTT bersemangat dalam melaksanakan kegiatan ini walau dibawah terik matahari. Kegiatan tersebut di support oleh Yayasan Peduli Cinta Indonesia ( YPCI ), Andi Opa Gaul ( AOG ),dan Diesel One Solidarity. 
Disisi lain Diesel one Group sebagai Lembaga Supoort yang di wakili oleh Ibu Ayuningtyas Widari Ramdhaniar menyampaikan rasa terima kasih kepada Forum Pemuda NTT – Bali yang telah semangat dan bersinergi dalam  program peduli sosial serta peduli lingkungan hidup melalui kegiatan bakti sosial ini, yang juga merupakan bagian kegiatan memperingati Hari Laut Sedunia beberapa waktu lalu. Dan berharap kegiatan ini akan menjadi perhatian masyarakat dan pihak pemerintah.

Netty/Red

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama