Tunjukkan Semangat WBK, TPI Evaluasi Pembangunan ZI pada Lapastika Sungguminasa



Tunjukkan Semangat WBK, TPI  Evaluasi Pembangunan ZI pada Lapastika Sungguminasa 


ANEKAFAKTA.COM,Sungguminasa

Tim Penilai Internal (TPI) Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI puji semangat Jajaran Lapas Narkotika Kelas IIa Sungguminasa dalam mewujudkan satuan kerja berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), Kamis (18/05). Hal ini disampaikan Tim TPI pada kegiatan Evaluasi dan Verifikasi Lapangan satuan kerja yang diusul menuju WBK, salah satunya diantaranya yaitu Lapas Narkotika Kelas IIa Sungguminasa.


Tim Penilai Internal tiba di Lapas Narkotika Sungguminasa sekitar pukul 09.00 pagi. Kehadiran TPI yang berjumlah 5 orang yakni Anton Parasian selaku pengendali teknis, Asih Retno Sayekti selaku ketua Tim, dan 3 Orang Anggota Tim yaitu Muh. Fatchul Ulum, Muh. Suhandwifa,  dan Siti Afifah.

Kedatangan TPI disambut meriah dengan Yel-Yel WBK Lapas Narkotika Sungguminasa sesaat setelah TPI diterima langsung oleh Kalapas beserta jajaran. Untuk diketahui Kunjungan TPI ini merupakan bagian dari upaya Lapas Narkotika Sungguminasa dalam mewujudkan Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) yang berorientasi pada pelayanan  Bersih, Melayani, Inovatif,  Transparan, Akuntabel (BERMITRA) pada Lapas Narkotika Sungguminasa.

Serangkaian kegiatan yang dilakukan TPI yaitu Verifikasi Lapangan,  TPI didampingi Kalapas beserta Tim ZI lapas Narkotika Sungguminasa berkeliling meninjau Pembangunan ZI yang meliputi 6 area perubahan, sarana dan prasarana pelayanan publik, program unggulan,  dan program inovasi pada Lapas Narkotika Kelas IIA Sungguminasa.

Usai menyisir semua area sarana dan prasarana Lapastika Sungguminasa, Tim TPI kemudian diarahkan menuju Ruang Kalapas untuk menyimak presentasi dari Tim Pembangunan ZI Lapas Narkotika Sungguminasa.

Di hadapan Tim, Kalapas Narkotika Sungguminasa, Andi Mohammad Syarif dan Tim Pokja  memulai pemaparan dengan memperkenalkan diri dan seluruh Tim Pokja. Andi memaparkan gambaran umum mengenai pembangunan 6 area perubahan pada Lapastika Sungguminasa. Kalapas juga menjelaskan tentang inovasi-inovasi unggulan yang dicetuskan oleh Tim Pembangunan ZI.

Setelah pemaparan dilanjutkan dengan Diskusi dan tanya jawab antara TPI dan seluruh Tim Pokja. Ada beberapa saran dan kritik yang menjadi perhatian TPI. 

Anton Parasian yang memimpin TPI, mengapresiasi semangat teman-teman Lapastika,  menyampaikan beberapa hal yang ditingkatkan diantaranya perbaikan program unggulan yang perlu inovasi lebih lanjut. 

Kalapas, Andi Mohammad Syarif menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada Tim TPI telah hadir di Lapas Narkotika Sungguminasa. 

"Terima kasih kepada TPI telah berkunjung pada Lapas, mungkin ada hal yang perlu diperbaiki, yang tadinya tidak terpikiri oleh kami. kami mengucapakn terima kasih atas masukan yang sangat luar biasa untuk melakukam perubahan pada Lapas Narkotika menjadi lebih baik,"tutur Andi. 


Pada kesempatan ini, Andi juga menyampaikan inti dari manajemen perubahan dalam ZI yaitu untuk mengubah budaya kerja, merubah budaya caranya kami melakukan penguatan kepada seluruh pegawai, memberikan pelatihan, meningkatkan disiplin, menciptakan pemahaman dan mengubah pola pikir.

Darman Effendy/Red

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama