Konselor Lapas Narkotika Sungguminasa jadi Pemateri Pelatihan Rehabilitasi BNNP Sulsel



Konselor Lapas Narkotika Sungguminasa jadi Pemateri Pelatihan Rehabilitasi BNNP Sulsel

Halo #SobaTika


Salah satu Konselor pada Lapas Narkotika Kelas IIA Sungguminasa, Andi Mappaewa, menjadi tenaga pengajar pada Kegiatan Peningkatan Kemampuan Petugas Rehabilitasi Melalui Pelatihan Universal Treatment Curriculum (UTC) 4 dan 7 bagi Lembaga Rehabilitasi Instansi Pemerintah dan Komponen Masyarakat di Provinsi Sulawesi Selatan, yang ditutup pada Jum'at kemarin (12/05). 

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi Sulawesi Selatan sebagai Program Kerja Bidang Rehabilitasi dengan Tema "Keterampilan Konseling Dasar & Intervensi Krisis Untuk Profesional Konselor Adiksi" dan diikuti oleh 25 orang Peserta Mitra BNNP Sulsel.


Kegiatan ini dibuka oleh  Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sulawesi Selatan Brigjen Pol.Drs.Ghiri Prawijaya, M. Th., pada hari Senin, 08 Mei lalu bertempat di Hotel Melia Makassar Jl.Mappanyukki No.17 Makassar. Kegiatan ini berlangsung selama 5 hari yaitu hari Senin s/d Jumat tanggal 08-12 Mei 2023. 


Andi Mappaewa mewakili Lapas Narkotika Kelas IIA Sungguminasa bertindak sebagai pemateri selama 3 (Tiga) hari pada kegiatan ini membawakan materi mengenai Keterampilan Konseling Dasar dengan 4 (Empat)materi yaitu Pengantar Motivational Interview, Konseling Kelompok, Psikoedukasi dan Teknik Mengajarkan Keterampilan.

Menurut Andi Kegiatan ini sangat penting dalam meningkatkan kompetensi pelaksanaan rehabilitasi, khususnya Rehabilitasi Penyalahgunaan Narkotika sehingga kualitas Pelaksanaan Rehabilitasi menjadi semakin baik. Andi sendiri merupakan Perawat dan Konselor pada Lapas Narkotika Sungguminasa yang juga melaksanakan program rehabilitasi Therapeutic Community sejak tahun 2015.

Adapun peserta yang hadir pada kegiatan ini sebanyak 25 orang berasal dari Klinik BNNP Sulsel,Klinik BNNK Tator,Klinik BNNK Bone,Klinik BNN Kota Palopo,RSUD Sayang Rakyat Prov.Sulsel,RSKD Prov.Sulsel, RS Mujaisyah Kota Palopo,RSUD Tenri Awaru,Puskesmas Wara Utara,Puskesmas Watampone,Puskesmas Tallunglipu, Puskesmas Lawawoi,Puskesmas Kanjilo,Puskesmas Tamalate,Yayasan Pemulihan Bethesda Toraja,Yayasan Prana Waksara, Yayasan Mitra Husada dan Klinik Transit Maros.


Kepala BNNP Sulsel Brigjen Pol.Drs.Ghiri Prawijaya, M. Th., menyampaikan  "terima kasih kepada para peserta yang sudah meluangkan waktunya untuk mengikuti kegiatan peningkatan kemampuan petugas rehabilitasi melalui pelatihan universal teatment curriculum (UTC) 4 dan 7 , saya berharap para peserta bisa menyatukan persepsi, menambah wawasan serta dapat meningkatkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan dalam menjalankan layanan rehabilitasi sesuai standar kompetensi teknis dalam bidang adiksi khususnya konseling dasar dan melakukan rawatan berkelanjutan kepada pecandu dan korban penyalahguna narkotika dimasing masing satkernya", ujar Kepala BNNP Sulsel dikutip pada Laman BNNP Sulsel

Darman Effendy/Red

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama