Kapolres Klungkung Cek Pengamanan Personel Pura Dalem Ped


Kapolres Klungkung Cek Pengamanan Personel Pura Dalem Ped



Polda Bali - Polres Klungkung - Polsek Nusa Penida.

Kapolres Klungkung AKBP I Nengah Sadiarta, S.I.K., S.H., M.K.P., melakukan kontrol terhadap personelnya yang tergelar dalam pengamanan Pujawali di Pura Dalem Ped, Nusa Penida, Klungkung (6/5/2023).

Kapolres Klungkung yang didampingi oleh  Kasat Polairud Polres Klungkung Iptu I Komang Manik Jaya, S.H., tiba di pelabuhan Sampalan langsung melakukan pengecekan terhadap personelnya yang tergelar di pelabuhan itu untuk mengecek pelaksanaan pengamanan di pelabuhan. Dilanjutkan ke Pelabuhan Banjar Nyuh untuk langsung sekaligus memantau kedatangan masyarakat yang melaksanakan persembahyangan dan wisatawan yang datang ke Nusa Penida.

Selanjutnya kapolres Klungkung langsung menuju personel pengamanan di Pura Dalem Ped dan diterima langsung oleh Kapolsek Nusa Penida Kompol Ida Bagus Putra Sumerta, S.Sos., serta Wakapolsek Nusa Penida AKP I Nyoman Sudana, S.H., dan Kanit Dikmas Lantas Polres Klungkung Ipda Made Ayu Rupini.

Kapolres langsung meninjau pelaksanaan pengamanan, kesehatan personel temasuk dukungan logistik sehingga bisa melayani masyarakat untuk  memperlancar kegiatan upacara persembahyangan umat Hindu di Pura Dalem Ped.Kesempatan yang sama mengecek banyaknya masyarakat yang datang, untuk melaksanakan persembahyangan.

Kegiatan pengamanan ini sangat penting mengingat umat atau pamedek yang hadir di Pura Dalem Ped akan membeludak karena merupakan yang merupakan Pura Kahyangan Jagat sehingga yang datang bukan hanya warga Nusa Penida juga merupakan luar Nusa Penida untuk datang, sehingga perlu hadirnya kepolisian untuk menjaga keamanan dan ketertiban serta kelancaran untuk masyarakat yang akan melaksanakan persembahyangan.


Dalam surat perintah pengamanan dalam rangka piodalan di Pura Penataran Ped yang ditanda tangani oleh Wakapolda Bali Brigjen Drs. I Ketut Suardana, M.Si ini melibatkan 322 personel dan untuk personel Polres Klungkung sendiri dilibatkan 263 personel yang dibagi menjadi tiga zona, antara lain zona A yaitu pengamanan areal Pura Dalem Ped, zone B yaitu pengamanan jalur pemedek, serta zona C yaitu pengamanan pelabuhan.


Pujawali di Pura Penataran Ped ini sendiri berlangsung dari tanggal 3 Mei 2023 sampai nyineb pada tanggal 8 Mei 2023, dan selama kegiatan tersebut Polri tetap hadir untuk memberikan pelayanan sehingga keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas tetap terjaga.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama