Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya Melalui Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan Gelar Pelatihan Inovasi Pembelajaran Digital Bagi Guru


Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya Melalui Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan Gelar Pelatihan Inovasi Pembelajaran Digital Bagi Guru

Kota Tasikmalaya, Anekafakta.com

Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya melalui Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan  menggelar pelatihan inovasi pembelajaran digital bagi guru, Bertempat di salah satu Hotel yang beralamat di Jalan Sukalaya Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya. Senin (29/05/2023 ) 

Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) pada Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya, H Cecep Susilawan mengatakan kegiatan yang digelar kali ini adalah pelatihan pembelajaran digital. Dimana ini semua merespon dalam rangka ikhtiar bahwa transformasi Pendidikan hari ini hadir dengan bagian dari alternatif penyelenggaraan proses pembelajaran itu adalah berbasis digital. Ini sesuatu yang harus segera diadaptasi oleh para pengajar termasuk para peserta didik.

Ini menjadi bagian yang harus kita ke depankan merespon perkembangan teknologi di abad ke-21. Mudah-mudahan saja nanti ada peningkatan kompetensi untuk guru termasuk proses pembelajaran dan juga kompetensi siswa.

Untuk spesifiknya ke lebih penguasaan, pertama pembelajaran konvensional dengan pembelajaran digital di harapkan bahwa media pembelajaran kita, siapkan dalam perangkat lunak dan perangkat keras sehingga pada akhirnya anak bisa belajar yang tidak hanya terikat di ruangan kelas dengan janjian waktu harus bertemu dengan para pembelajar, tapi pembelajaran digital dengan literasi dan lumerasinya itu sendiri bisa dimana, saja asal pembimbing anak tetap dilakukan oleh para guru.
Kedua, Interaktif dan Kolaboratif, Pembelajaran digital memberikan peluang untuk interaksi dan kolaborasi yang lebih baik antara siswa dan pendidik, serta antara sesama siswa. Melalui platform pembelajaran online, siswa dapat berinteraksi dengan materi pembelajaran dengan cara yang lebih menarik, seperti video, simulasi, atau game. Mereka juga dapat berpartisipasi dalam diskusi online, kerja kelompok virtual, dan proyek kolaboratif.

Baca Juga  Begini Suka Duka Safira Relawan Wanita Tasikmalaya Yang Dari Awal Menangani Pasien Covid

Ketiga, Pembelajaran Berbasis Proyek dan Penemuan, Teknologi digital memungkinkan adanya pembelajaran berbasis proyek dan penemuan. Siswa dapat melakukan penelitian, eksperimen, atau membuat proyek yang relevan dengan topik pembelajaran mereka. Mereka juga dapat mengakses sumber daya digital seperti e-book, e-journal, atau video pembelajaran untuk mendapatkan informasi tambahan.

Keempat, Pengembangan Keterampilan Teknologi: Mengintegrasikan teknologi digital dalam pembelajaran membantu siswa mengembangkan keterampilan teknologi yang sangat penting dalam dunia yang didominasi oleh teknologi saat ini. Mereka akan belajar tentang penggunaan perangkat lunak dan aplikasi, penanganan perangkat keras, pemecahan masalah teknis, dan literasi digital secara umum.

"Pembelajaran digital telah menjadi bagian integral dari pendidikan saat ini. Dengan memanfaatkan teknologi digital, kita dapat meningkatkan aksesibilitas pendidikan, memperkaya pengalaman belajar, dan mempersiapkan siswa untuk sukses dalam era teknologi yang terus berkembang,"bebernya.

Selain itu, Penggunaan Teknologi sebagai Alat Pembelajaran, Dalam pembelajaran konvensional, teknologi seperti papan tulis, buku teks, dan media cetak masih menjadi alat utama dalam proses pembelajaran.

"Dalam pembelajaran digital, teknologi digital seperti komputer, tablet, proyektor, perangkat lunak pembelajaran, dan internet digunakan sebagai alat utama dalam menyajikan, mengakses, dan berinteraksi dengan materi pembelajaran."Pungkasnya

Evi Firdausiah/Red

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama