Takbiran Di Kawasan Kampung Budaya Silat Beksi Taman Swadarma/Rptra Bhinneka Jakarta Selatan


Takbiran Di Kawasan Kampung Budaya Silat Beksi Taman Swadarma/Rptra Bhinneka Jakarta Selatan


Alhamdulillah, kegiatan Ngabuburit Budaya di Kawasan Kampung Budaya Silat Beksi sejak 8-21 April 2023 dalam bentuk Diskusi, Apresiasi, Edukasi, Atraksi Seni Tradisi Betawi, Berbagi kepada tokoh Silat Beksi dan penggiat Seni tradisi serta ditutup dengan Lomba Nabuh Beduk sekaligus Takbir Bersama di Taman Swadarma/Rptra Bhinneka telah selesai dilaksanakan dengan lancar.



Demikian pernyataan Jumardi Akis selaku Ketua Panitia Kegiatan Ngabuburit Budaya Tahun 2023 disela Takbir Bersama pada Jum'at, 21 April 2023 di Taman Swadarma/Rptra Bhinneka Petukangan Utara, Pesanggrahan, Jakarta Selatan.



Turut hadir Baba Dasik Aripin selaku Sesepuh Kampung Budaya Silat Beksi, Baba Nasir Mupid sebagai penggiat Seni Tradisi Betawi dan generasi penerus penggiat seni tradisi Betawi di Kawasan Kampung Budaya Silat Beksi.

Dijelaskannya bahwa kegiatan ini dimulai sejak tanggal 8 April 2023 sampai dengan 21 April 2023 dalam bentuk Diklat Seni Tradisi : Senam Beksi/Gerak Langkah Beksi, Berbagi kepada Sesepuh Silat Beksi/Tokoh Seni Tradisi, Lomba Nabuh Beduk dan ditutup dengan Takbir Bersama dalam rangka menggiatkan seni tradisi di Kampung Budaya Silat Beksi.


"Kami berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut tiap tahunnya dengan kolaborasi kepada instansi terkait serta seluruh perguruan silat tradisi, khususnya Silat Beksi agar pembinaan, pengembangan, pelestarian, pemanfaatan khazanah budaya bangsa dapat terus berjalan dengan baik," jelasnya.


Senada dengan itu, Baba Dasik Aripin mengaku sangat terharu dan terus akan mendukung kegiatan pengembangan seni tradisi, khususnya Silat Beksi dalam rangka menjalankan amanah UU Pelestarian Kebudayaan Betawi di Provinsi DKI Jakarta.


"Kalau bisa, kegiatan ini harus dilakukan setiap tahun dan tentunya lebih meriah lagi dengan melibatkan seluruh komponen Budaya baik itu instansi pemerintah, maupun perguruan Silat Beksi itu sendiri," tegasnya.
Selanjutnya, Baba Nasir Mupid menambahkan bahwa dirinya siap memberikan pelatihan seni tradisi, khususnya Topeng Blantek yang mana itu adalah keahliannya selama ini beraktifitas sejak tahun 1980 an. Jadwalkan rutin tiap Jum'at, Sabtu dan Minggu untuk latihan Topeng Blantek untuk generasi penerus Silat Beksi.


"Nanti bila sudah rutin latihan, Insya Allah setiap bulannya kita adakan pementasan Topeng Blantek untuk menghibur para pengunjung Taman Swadarma/RPTRA Swadarma dan sekaligus mengenalkan khazanah budaya bangsa, khususnya Topeng Blantek," pungkasnya.

Azis/Red

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama