Khutbah Idul Fitri Diantarkan KH.Dr.Hasan Basri di Lapangan Bola Kalibaru



Khutbah Idul Fitri Diantarkan KH.Dr.Hasan Basri di Lapangan Bola Kalibaru


KH. DR. Hasan Basri mengantarkan Khutbah Iedul Fitri di lapangan Bola Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara, Sabtu. ( 22/April/2023).

Dengan tema, "Amalan Utama di Bulan Syawal, KH. Hasan Basri menyampaikan Khutbahnya di depan para jamaah yang dominan adalah warga Suku Bugis Makasar.
Adapun amalan itu, sholat tahajjud, sholat 5 waktu dan melakukan sholatnya di masjid bagi kaum laki-laki kecuali uzur, baca dan tadabbur Alqur'an serta anak dan isterinya di wajibkan  Sholat 5 waktu dan baca Al Qur'an.


"Menurut KH.Hasan Basri, semua kekuatan spiritual ada di dalam ( sholat) tahajjud, semua  nabi-nabi tidur diawal waktu dan bangun tengah malam.Tahajjud tidak pernah ditinggalkan nabi-nabi."terangnya.
Hasan Basri juga menekankan, terkait sholat 5 waktu sebaiknya dilakukan di masjid. 

"Intinya, kalau tidak (sholat) 5 waktu di masjid, jangan  bicara agama, anda tidak berhak, silahkan bicara dunia saja," ungkap  Hasan  Basri yang juga selalu pemilik ponpes tahfiz dan menetap di Makasar.

"Hasan Basri juga menuturkan,  jangan pernah kita bicara kebenaran,  kalau saja  baca AlQur'an jarang, karena bisa menyesatkan orang, sedikit bicara dari pengalaman dan pemikiran bukan berdasarkan Alqur'an dan hadist.

Melihat trend di masyarakat, lebih lanjut dikatakan Hasan Basri bahwa,  sudah jarang yang sholat dan baca Alqur'an, bahkan hampir dalam satu rumah tidak ada yang menjalankan sholat 5 waktu dan juga tepat waktu.
"Ini semua karena pengaruh dunia kapital.dan pertahanan yang lemah," jelasnya.

Maka solusinya harus melalui hidayah. KH.Hasan Basri juga menjelaskan, dengan cara baca AlQuran, sebaiknya kita bisa memfilter pengaruh-pengaruh tersebut.

Dari pantauan para awak media, Jamaah yang hadir kurang lebih berjumlah sebanyak 400 orang,  kegiatan sholat Idul Fitri ini sudah rutin dilakukan di tempat ini, adapun warga yang datang berasal dari Jamaah Pinggiran laut, Pelelangan ikan, Pelabuhan kayu dan Pasar Kalibaru  Lapangan Bola Kalibaru wilayah RW-015.


(Antoni/ Red)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama