Kalapas IIA Bengkulu Ade Kusmanto Koordinasi Dengan Dukcapil Kota Bengkulu


Kalapas IIA Bengkulu Ade Kusmanto Koordinasi Dengan Dukcapil Kota Bengkulu 




Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Bengkulu Ade Kusmanto bersama Kepala Seksi Binadik Sifwan Efendi mengunjungi Dinas Kependudukan, Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Bengkulu dalam rangka koordinasi untuk menertibkan Administrasi Kependudukan Narapidana di Lapas Bengkulu. (Kamis, 2 Maret 2023)

Ade Kusmanto menjelaskan bahwa kunjungan ini merupakan bentuk tindak lanjut dari Instruksi Direktorat Jenderal Pemasyarakatan melalui Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bengkulu yang mana meminta agar seluruh Lapas dan Rutan segera melakukan identifikasi dan pengecekan NIK bagi para Tahanan dan Narapidana. Ini dalam rangka tertib administrasi dan layanan kependudukan juga untuk memfasilitasi hak pilih bagi para Tahanan dan Narapidana pada pemilu 2024 mendatang. 

Kemudian Kalapas Kelas IIA Bengkulu bersama Kepala Dinas Dukcapil melaksanakan Perjanjian Kerjasama dengan maksud dan tujuan untuk mendukung kemudahan dalam pelayanan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil yang meliputi : Rekam dan cetak kartu tanda penduduk elektronik, KK, Akta Pencatatan Sipil, Pelacakan data dan dokumen kependudukan lainnya di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Bengkulu.

Sebelumnya dari 713 orang warga binaan terdapat 81  orang belum memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK), namun setelah di verifikasi  dan di data ulang oleh pihak dukcapil sudah mengalami pengurangan yaitu tersisa 16 orang warga binaan yang belum memiliki NIK. 

Ade kusmanto juga mengapresiasi atas pelayanan yang diberikan oleh Dinas Dukcapil Kota Bengkulu. 
"Kami sangat berterima kasih atas pelayanan yang diberikan oleh dinas dukcapil kepada kami yang telah membantu Lapas guna melalukan pendataan pemutakhiran NIK warga binaan lapas bengkulu. Sehingga nantinya mereka tetap dapat menjalankan hak mereka untuk memilih di pemilu tahun 2024."

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama