Gagasan Daya Saing, Senjata Pembunuh Massal Masa Depan


Gagasan Daya Saing, Senjata Pembunuh Massal Masa Depan

ANEKAFAKTA.COM,Tangerang

Oleh Mas Solehudin, Ketua Klub Study Islam dan Politik (KSIP) Nusantara

Pemikiran manusia memiliki andil sangat penting bagi kemajuan kehidupan di dunia. Baik kehidupan sosial budaya, agama, politik, ekonomi bahkan teknologi. 

Pemikiran manusia mampu melintasi batas-batas kemustahilan fisik manusia. Perkembangan teknologi yang sekarang kita manfaatkan sebagai alat hidup utama merupakan bukti nyata tentang kemustahilan zaman jebot dulu. 

Dulu hanya orang-orang tertentu yang memiliki kemampuan linuh saja yang mampu berkomunikasi dengan manusia dibelahan lain. Tapi sekarang siapapun bisa berkomunikasi hanya dengan isi pulsa yang sangat murah harganya.

Kemudahan hidup manusia di zaman sekarang merupakan bukti dari kemajuan pemikiran manusia terutama dalam bidang teknologi. Adalah sebagai fakta kemajuan teknologi membawa manusia ke dalam kehidupan baru. Tanpa disadari oleh banyak orang secara diam-diam kita telah diarahkan untuk masuk ke era metaverse. Sesuatu yang sangat dahsyat.

Metaverse dalam pengertian sederhananya adalah melebih batas semesta atau di luar semesta. Itu bisa kita maknai bahwa kemajuan yang dicapai oleh pemikiran manusia sudah mampu melampaui batas kemustahilan itu sendiri. 

Bisa saja dikemudian hari kemajuan pemikiran manusia mampu menembus "tirai gaib" akherat. Dengan kemajuan pemikiran yang  impossible bisa saja ditemukan sebuah teknologi yang mampu melihat "tirai gaib" tersebut. 

Bukankah saat ini bahkan jauh sebelumnya pemikiran manusia sudah "mampu" melihat dan memprediksi masa depan waktu. Jadi bukan hal yang mustahil bila manusia bisa "menciptakan" kamera yang bisa tembus "tirai gaib akherat".

Kemajuan pemikiran manusia pun tidak hanya terbatas yang bisa kita lihat secara kasat mata. Bahkan yang masih berbentuk "gagasan" tidak kalah majunya. 

Banyak pemikiran manusia yang masih berupa gagasan mampu merubah, merombak bahkan merobohkan tembok kekuasaan yang otoriter. Pemikiran manusia merupakan senjata paling mematikan bila saja bisa menggunakannya dengan tepat.

Perubahan dunia pasti selalu diawali dengan perubahan dan kemajuan pemikiran manusia itu sendiri. Dulu sebelum era demokrasi, era otokrasi yang begitu mengendalikan kehidupan manusia.

Di zaman sekarang, yang menjadi pengendali kehidupan manusia adalah demokrasi. Demokrasi sendiri merupakan hasil dari kemajuan Pemikiran manusia itu sendiri.

Kita belum tahu, apakah setelah demokrasi masih ada gagasan manusia yang bisa menggantikan pemikiran tersebut. 

Saat ini demokrasi merupakan senjata yang paling ampuh untuk masuk ke wilayah privasi kehidupan manusia. Belum ada negara yang kuat untuk menahan digdayanya demokrasi. Semuanya luluh lantak.

Demokrasi merupakan hasil dari kemajuan pemikiran manusia. Demokrasi memiliki turunan pemikiran lanjutannya. Salah satu yang sudah menjadi pandangan umum adalah gagasan tentang pentingnya Daya Saing agar kita bisa unggul dari manusia atau bangsa lainnya.

Tahukah anda dari gagasan yang terlihat sederhana dan sangat "masuk akal" tersebut merupakan senjata pembunuh massal yang tidak pernah kita sadari.

Pasalnya sederhana saja, semua negara bangsa saling berebut untuk mendapatkan sumber alam yang bisa membuat mereka menjadi bangsa maju dan unggul bahkan menjadi negara adidaya alias super power.

Sedangkan tidak semua negara memiliki kekayaan sumber daya alam yang bisa mencukupi untuk kehidupan bangsa dan negaranya. Akibatnya, muncul adanya keinginan untuk bisa menguasai kekayaan tersebut dengan cara apapun. 

Cara-cara culas agar bisa menguasai kekayaan alam sebuah negara sudah bisa kita sendiri. Dengan dalih apapun asal mereka bisa mendapatkannya pasti dilakukan.

Dengan begitu persaingan tidak bisa terhindarkan. Dan dalam jangka panjang rasa bersaing ini akan menimbulkan gesekan yang menyimpan bara ketidakpuasan. 

Bila dibiarkan dan terus dikompori maka tidak menutup kemungkinan bakal terjadi perang dunia lanjutan yang membuat manusia sedunia menderita. 

Gagasan Daya Saing pasti tidak muncul dengan sendirinya. Penulis percaya itu pasti hasil kajian pemikiran yang sangat mendalam dari ideolog dunia kelas berat. 

Dan tujuannya pasti agar dunia tetap dalam genggamanya. 

Dan kita asyik ikut menari dan berteriak-teriak apa yang sudah mereka desain dengan apik. Padahal itu sesungguhnya senjata kasatmata yang sangat mematikan. 

Dititik ini pentingnya kita harus kembali lagi membaca Kitab Suci yang bersumber dari Tuhan Sang Maha Pencipta Semesta yaitu Alloh SWT. Agar kita tidak tersesat dan menyesatkan. Tetap Sadar, Waskita dan tetap waspada. Amiin. (10155).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama