Batuud Koramil 09/Mauk Pimpin Penanaman Mangrove di Ketapang


Batuud Koramil 09/Mauk Pimpin Penanaman Mangrove di Ketapang


ANEKAFAKTA.COM,Tigaraksa 

Demi menjaga keseimbangan alam, Batuud Koramil 09/Mauk,  Kodim 0510/Tigaraksa Peltu Arif B memimpin langsung penanaman mangrove di Kampung Pelelangan Desa Ketapang Kecamatan Mauk Kabupaten Tangerang, Jum'at (31/03/2023).

Kegiatan penanaman pohon mangrove dilakukan bersama Pramuka kawarran Koramil 09/Mauk di dampingi anggota Koramil 09/Mauk Sertu Hidayatullah, Serda Ahyani dan Kopka Mulyanto.

Dandim 0510/Tigaraksa Letkol Arh S.S. Bandjar melalui Danramil 09/Mauk Kapten Inf Dwi Saputro yang di wakili Batuud Koramil 09/Mauk Peltu Arif B mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam penghijauan di wilayah pesisir pantai untuk mencegah terjadinya abrasi pantai.

"Guna membendung air laut saat air pasang sehingga dapat mengurangi abrasi didaerah pesisir pantai kedepannya," ucapnya.

Lebih lanjut Peltu Arif menambahkan, selain berfungsi menjadi penghalang dan pencegah abrasi, hutan mangrove juga menjadi benteng pengaman dari ancaman bencana gelombang pasang.

"Jangan anggap remeh tanaman bakau (Mangrove) yang berdiri di tepian pantai. Keberadaan hutan mangrove punya sejuta manfaat bagi kita dan lingkungan sekitar," katanya.

Ia menerangkan, untuk lahan luas yang di tanam mangrove hari ini seluas 300 meter jumlah bibit pohon mangrove sebanyak 500 batang pohon yang tertanam.

(Sumber kodim 0510/Tigaraksa)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama