KPU Kota Tangerang Melantik PPK Yang Bertugas Di 13 Kecamatan, Untuk Pemilu 2024

KPU Kota Tangerang Melantik  PPK Yang Bertugas Di 13 Kecamatan, Untuk Pemilu 2024

ANEKAFAKTA.COM,Tangerang


KPU Kota Tangerang Melantik  PPK Untuk Pemilu 2024

Dengan Surat Keputusan KPU Kota Tangerang No.37/Hk.03.1-Kpt/3671/KPU-Kot/XII/2022 Sebanyak 65 orang resmi ditetapkan sebagai anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kota Tangerang untuk Pemilu th 2024 dengan masa jabatan selama 16 bulan.


Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan oleh Ketua KPU Kota Tangerang Ahmad Syailendra di D,Prima Hotel Jln Benteng Betawi Kota Tangerang tampak hadir juga forkopolda Kota Tangerang di antaranya Wakil Wali Kota Drs.H.Sachrudin, kapolres Tangerang Kota, Kombes Pol.Zain Dwi Nugroho pada Rabu 4 Januari 2023.

Dalam sambutan yang Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho menyampaikan
Pertama yang ingin saya sampaikan kami ucapkan selamat kepada seluruh anggota PPK yang hari ini terpilih dan dilantik tentunya ini menjadi tanggung jawab yang besar kepada para anggota PPK yang terpilih karena memang Pemilu merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan setiap 5 tahun. 


Dalam mengawal pemilihan yang demokratis tentunya ini beban yang sangat berat dan menjadi tanggung jawab yang besar karena pengalaman pada saat tahun 2019 saya menjadi Kapolres Sidoarjo banyak sekali rekan-rekan PPK anggota kepolisian yang bertumbangan satu persatu, makanya kemarin sempat saya bisikin pak ketua KPU, Pak kalau bisa dipilih Yang seger-seger Pak yang sehat-sehat jangan sampai yang sakit-sakitan terpilih karena memang pekerjaannya sangat berat apalagi dalam pelaksanaan Pemilu ini penghitungan suara itu tidak ada yang di PPS di TPS langsung ke PPK ini, yang berat karena mulai dari distribusi logistik baik itu kotak suara kartu suara maupun logistik yang lainnya itu kan dari gudang langsung ke PPK itu kalau nggak salah minimal maksimal adalah H-1. 


Lebih lanjut ia sampaikan di awal kita aja yang aparat kepolisian yang awal yang jagain aja capek apalagi rekan-rekan yang mempunyai tanggung jawab besar bahkan nanti ada permasalahan itu kadang-kadang tertukar, Apa itu surat suaranya kekurangan surat suaranya, yang bingung itu biasanya anggota PPK ini ya Bahkan Nanti kadang-kadang pada saat penghitungan suara itu rekan-rekan punya waktu 14 Hari itu banyak permasalahannya Bagaimana ngatur orang yang mau menyaksikan kemudian Siapa yang boleh masuk Siapa yang enggak kemudian nanti ada misalkan yang protes Bagaimana jawabnya ungkapnya. 

Sehingga ini memerlukan Kesehatan baik itu fisik maupun psikis kalau nggak nanti bertumbangan satu persatu bahkan pada saat saya tugas di Sidoarjo itu ada anggota saya yang meninggal satu orang karena mulai dia harus ngawal dari gudang menuju ke PPK dari PPK dia harus ngawal ke PPS langsung sampai ke TPS sampai penghitungan suara setelah itu balik lagi ke PPK pungkasnya.


Sementaea Komisioner KPU Kota Tangerang, Syilendra mengatakan PPK adalah kepanjangan tangan dari KPU di tingkat kecamatan untuk melaksanakan tugas-tugas berkaitan Pemilu th 2024.

“Proses rekrutmen calon anggota PPK dilaksanakan sesuai mekanisme aturan yang ada tentunya melalui pendaftar. Mereka yang saat ini dilantik sudah melalui seleksi ketat,” ujar Syailendra.

Saat ini KPU sedang dalam proses rekrutmen calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang akan bertugas di tingkat kelurahan.

“Untuk pendaftar calon PPS, saat ini masih dilakukan pendaftar, Sementara yang dibutuhkan adalah 3 x 104 Kelurahan,” ujarnya.


Ditambahkan juga, untuk pembekalan dan bimbingan teknis akan dilaksanakan secara maraton oleh KPU dan Kepolisian, Pemerintah, Kejaksaan serta sejumlah tokoh.

(Dwi Wahyudi/Red)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama