Profil Darsono, Pendiri UNPAM yang Pernah Bekerja OB Untuk Menyambung Hidup

Profil Darsono, Pendiri UNPAM yang Pernah Bekerja OB Untuk Menyambung Hidup


ANEKAFAKTA.COM,Tangsel

Pendiri Universitas Pamulang, Dr H Darsono meninggal dunia hari ini Jumat (30/12/2022). Darsono merupakan pria asal Yogyakarta yang mempunyai impian mendirikan perguruan tinggi yang murah dan terjangkau. 

Darsono pernah merasakan kesulitan ekonomi yang sempat membuatnya dilarang sekolah oleh ayahnya. Akan tetapi, dia memiliki tujuan untuk menjadi orang terpelajar. 



Pada akhirnya, Darsono memutuskan untuk merantau ke Jakarta. Saat itu, dengan segala keterbatasannya, dia melakukan berbagai pekerjaan guna menyambung hidup. Dari menjadi buruh pembuat batu bata, Office Boy (OB), berjualan barang elektronik, dan lainnya. Semua ini dilakukannya demi mewujudkan impiannya. 

Sekitar tahun 2000, Darsono yang berstatus sebagai alumni Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) terpikirkan untuk membuat sebuah perguruan tinggi yang murah. 

Saat itu, dia melihat cukup banyak lulusan SMA yang gagal melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya karena masalah biaya. Lebih lanjut, Darsono merasa dendam terhadap kesulitan biaya sekolah, sehingga sangat termotivasi untuk bisa membantu orang lain meraih pendidikan yang tinggi. 

Pada akhirnya, dia menyampaikan ide tersebut kepada salah satu rekannya yang bernama Dayat Hidayat. Alhasil, mereka sepakat mendirikan Universitas Pamulang pada tahun 2000 silam.


(Tim/Red)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama