Kunjungi Lapas Waikabubak, Ratu Wulla Ingin Wujudkan Program TKM

Kunjungi Lapas Waikabubak, Ratu Wulla Ingin Wujudkan Program TKM


ANEKAFAKTA.COM,Waikabubak


Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Waikabubak mendapat kunjungan Anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Ratu Ngadu Bonu Wulla di sela-sela kesibukannya di masa reses pada Kamis (29/12/2022).


Kepala Lapas Waikabubak, Yohanis Varianto  didampingi seluruh jajaran menyambut langsung kedatangan rombongan dengan penyematan kain tenun khas Sumba Barat.

Dalam kunjungan ini, Varianto memberikan kesempatan kepada Ratu Wulla untuk menyapa langsung seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Waikabubak.


“Saya sangat mendukung program dari Kalapas dengan pembangunan area agrowisata, ini sangat berpotensi sekali untuk pengembangan keterampilan. Di tahun depan saya berencana untuk datang lagi guna melakukan diskusi sehingga aspirasi-aspirasi dapat tersampaikan. Melakukan sosialisasi Program TKM (Tenaga Kerja Mandiri). Program ini merupakan program kelompok yang terdiri dari 10 orang untuk mengasah kemampuan sehingga saat kembali ke masyarakat dapat mandiri dan mengembangkan bakatnya," jelas Ratu Wulla.

Selanjutnya, Varianto mengajak rombongan untuk melihat langsung area bimbingan kerja (bimker) Lapas Waikabubak.


“Lapas Waikabubak memiliki berbagai program pembinaan kemandirian. Program ini dengan memberikan pelatihan mulai dari keterampilan kerja, latihan kerja, dan produksi guna mengasah bakat dan keterampilan sehingga kelak dapat berperan dan berdaya guna saat kembali ke masayarakat. Program ini sebagai wadah agar mereka (WBP-red) dapat menyalurkan bakat dan minatnya”, ujar Varit.

Dalam kesempatan ini,  Ratu Wulla juga melihat dan membeli berbagai hasil karya WBP berupa gelang, kalung dan kaleku yang merupakan tas tradisional orang Sumba yang sering digunakan untuk menyimpan sirih pinang.

Setelah itu, Varianto mengajak seluruh rombongan untuk melihat langsung pembangunan lahan SAE (Sarana Asimilasi dan Edukasi).


“Tujuan saya dengan pembangunan ini adalah agar kami tidak hanya berfokus pada pengamanan dan pengawasan terhadap WBP saja  tetapi juga mendorong kreativitas mereka (WBP-red) dengan menciptakan agrowisata yang nantinya dapat wajah baru wisata di Waikabubak dan menjadi buruan traveller lokal hingga mancanegara”, kata Varit.

Red/anekafakta.com

Humas LP Wkb

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama