Di Senjakala Village, Kolam Ikan Bioflok Bantuan Kementerian Kelautan dan Perikanan Diresmikan




Di Senjakala Village, Kolam Ikan Bioflok Bantuan Kementerian Kelautan dan Perikanan Diresmikan

ANEKAFAKTA.COM,MAGELANG

Ketua Umum Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat (PPAD) Letjen TNI (Purn) Dr. (HC) Doni Monardo meresmikan Kolam Ikan Bioflok bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan. Peresmian bertempat di destinasi wisata Senjakala Village, Desa Banyuwangi, Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang, Kamis (10/11/2022) sore.

Acara dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Perikanan Kelautan, Dewan Pertimbangan PPAD Letjen TNI (Purn) H. Bibit Waluyo, dan Ketua PPAD Jawa Tengah Brigjen TNI (Purn) H. Amin Syamsudin. Serta hadir Pangdam IV/Diponegoro diwakili Aster Kodam IV/Diponegoro, Komandan Bandara A. Yani, dan perwakilan dari Gubernur Akademi Militer. 

Hadir pula Bupati Magelang, Dandim 0705/Magelang, perwakilan dari Polres Magelang Kota, Kepala SMA Taruna Nusantara, anggota Hipakad, Forkopimcam Bandongan, Kepala Desa Banyuwangi, dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua PPAD Jawa Tengah Brigjen TNI (Purn) H. Amin Syamsudin mengatakan sesuai semangat PPAD, pihaknya akan mengembangkan jiwa entrepreneur atau entrepreneurship. Baik kepada para purnawirawan atau generasi muda.

“Beberapa langkah yang telah kita lakukan, seperti dengan merintis beberapa wirausaha. Salah satunya mengembangkan bioflok budidaya ikan air tawar,” katanya.

Salah satunya berupa pengembangan bioflok budidaya ikan nila di Magelang, tepatnya di Senjakala Village tersebut. Amin berterimakasih karena dalam pengembangan ini dibantu oleh Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang.

“Pengembangan bioflok budidaya ikan ini dimulai dari beberapa langkah. Mulai dari menyiapkan lokasi, studi banding, penyiapan sumber daya manusia dan sebagainya,” lanjut Brigjen TNI (Purn) Amin Syamsudin.

Selanjutnya, Ketua Umum PPAD Letjen TNI (Purn) Dr. (HC) Doni Monardo menuturkan merawat ikan seperti merawat pohon. Maka harus dirawat dengan kehati-hatian sesuai perlakuannya sebagai makhluk hidup. Mulai dari media, bibit, pakan, suhu, oksigen, dan gangguan penyakit harus diperhatikan.

Terkait pengembangan wirausaha bidang perikanan, Letjen (Purn) Doni Monardo sangat ingin banyak anak muda menjadi wirausahawan cerdas.

“Indonesia memiliki sumber daya alam luar biasa, alangkah bagusnya apabila dikelola oleh anak-anak bangsa,” tegasnya.

Purnawirawan yang masih gagah ini mengimbau kepada PT Ara purnawirawan agar bersinergi dengan TNI-Polri aktif, dan Pemerintah Daerah setempat untuk meningkatkan sumber daya manusia di daerahnya.

Usai penandatanganan prasasti peresmian, Ketua Umum PPAD diikuti pejabat lain meninjau lokasi bioflok dan menebar bibit ikan nila. 

Di lokasi bioflok Letjen TNI (Purn) H. Bibit Waluyo, yang sekaligus pemilik Senjakala Village turut menebar benih ikan. Dia mengatakan, memperlakukan ikan termasuk usaha budidaya akan berkembang bila mengikuti cara yang benar.

“Memperlakukan dan merawat dengan hati, karena ikan juga makhluk hidup. Tidak boleh sembarangan atau seenaknya. Itu kuncinya,” kata H. Bibit Waluyo. 

Nug/Red

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama