Kementan Distribusi Bantuan Pengelolaan Sagu ke Petani Sulsel


Kementan Distribusi Bantuan Pengelolaan Sagu ke Petani Sulsel


 

Kementrian Pertanian (Kementan) menyerahkan bantuan mesin pengolah satu untuk petani sagu di Sulsel. Bantuan tersebut diserahkan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel untuk langsung disalurkan ke kelompok tani, di sela pelaksanaan Gerakan Pangan Murah yang dilaksanakan di Gedung Kartini Kota Makassar, Kamis, 20 Oktober 2022.

Bantuan ini didistribusikan kepada Kelompok Tani (Poktan) Serumpung Sagu dari Kabupaten Luwu Utara, Poktan Pasir Putih dari Luwu Utara, UD. Tiga Rasa dari Luwu, dan Kelompok Wanita Tani P Bulaweng dari Luwu. Selain peralatan pengolahan hasil sagu, juga diserahkan bantuan benih kopi, benih kedelai, serta pupuk cair.

Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian (Kementan), Andi Nur Alam Syah, mengatakan, Kementan akan terus mendorong kegiatan ketahanan pangan berbasis pangan lokal, seperti sagu.

Di Indonesia, terdapat sebelas provinsi yang menjadi sentra sagu nasional, diantaranya Riau, Papua, Maluku, dan Sulsel, yang merupakan provinsi-provinsi dengan kontribusi produksi sagu terbesar yang mencapai 341 ribu ton per tahun.

Saat ini, kata Andi Nur Alam, tercatat 5,5 juta hektar potensi areal sagu nasional dan 94 persen lahan tersebut berada di Provinsi Papua dan Papua Barat atau sekitar 5,2 juta hektar. Sedangkan areal yang termanfaatkan atau areal budidaya baru sekitar 3,5 persen atau sekitar 200,85 ribu hektar.

Arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo untuk terus menggenjot program diversifikasi pangan lokal agar pemanfaatan komoditas spesifik daerah dapat ditingkatkan ditengah ketidakstabilan pasokan pangan dunia akibat perubahan iklim dan kondisi geopolitik yang mempengaruhi harga sejumlah pangan pokok masyarakat semakin tinggi," terangnya.

Ia menjelaskan, Provinsi Sulsel adalah salah satu provinsi sentra sagu nasional dengan areal sebesar 3.700 hektar dan produksi mencapai 3.182 ton per tahun. Kabupaten Luwu dan Luwu Utara merupakan sentra produksi sagu di Sulsel.

"Kami menggandeng Unhas untuk mengembangkan pengolahan sagu di Sulsel, sehingga menjadi sentra nasional ke depannya," imbuhnya

(D. Wahyudi/Red)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama