Koarmada l Peringati HUT Korps Suplai ke Ke-74 Tahun 2022


Koarmada l Peringati HUT Korps Suplai ke Ke-74 Tahun 2022


Dalam rangka memperingati HUT Ke-74 Korps Suplai, Koarmada I menggelar acara syukuran secara sederhana dipimpin oleh Kakuwil Koarmada I Kolonel Laut (S) Sapardi selaku Perwira Senior Korps Suplai bertempat di Gedung OB Syaaf Mako Koarmada I, Kamis (1/9/2022).

Pada kesempatan tersebut, Kakuwil Koarmada I Kolonel Laut (S) Sapardi membacakan sambutan Kadiskual Laksamana Pertama TNI Poedji Santoso, CHRMP., yang menyampaikan bahwa pada momentum hari jadi Korps Suplai ini, sejenak kita menengok sejarah berdirinya Korps Suplai, Diawal Kemerdekaan Indonesia Tentara Keamanan Rakyat Laut yang menjadi cikal bakal dari Angkatan Laut, dalam membangun ALRI melaksanakan Selection Board tahun 1948 dan memutuskan lima korps awal yang terbentuk di Angkatan Laut yaitu Korps Pelaut, Mesin, Administrasi, Komando, dan Kesehatan. 

Pada tahun 1960 timbul gagasan untuk mengubah Korps Administrasi menjadi Korps Suplai yang meliputi bidang administrasi laut yang lebih luas. Kemudian pada 1970, Korps Suplai diubah menjadi Korps Administrasi yang dalam pembinaannya meliputi pembinaan bidang profesi pembekalan, keuangan, personalia, hukum dan tata usaha.

Melihat dinamika lingkungan dan penugasan dan guna meningkatkan profesionalitas personel, maka diajukanlah perubahan nama korps serta perubahan tanda lambang korps. Oleh sebab itu melalui Surat Keputusan Kasal Nomor Skep/1334/VIII/2001 tanggal tanggal 20 Agustus 2001 diputuskan perubahan lambang dan penyebutan Korps Administrasi menjadi Korps Suplai, bersamaan dengan itu, maka tanggal 1 September ditetapkan sebagai Hari Jadi Korps Suplai, terhitung tahun 1948 yang merupakan cikal bakal lahirnya korps suplai sampai dengan saat ini dengan demikian, pada tanggal 1 september tahun 2022 korps suplai sudah memasuki usia yang ke-74 Tahun.

"Hal terpenting dari peringatan hari jadi Korps Suplai tahun 2022 ini adalah bagaimana kita merefleksi diri untuk mundur sedikit kembali ke masa lalu sebagai upaya menemukan titik awal dari sebuah mata rantai sejarah dan fondasi yang sangat bernilai untuk dijadikan titik tolak menuju masa depan dalam menghadapi tantangan tugas yang dinamis. Setiap etape perjalanan Korps Suplai harus selalu memiliki makna dan mampu memberikan jawaban atas persoalan yang ada serta responsif terhadap tantangan tugas dimasa yang akan datang dengan berlandaskan pokok-pokok aturan perundang-undangan yang berlaku. 

Dalam mewujudkan eksistensi korps suplai, jajaran personel korps suplai tidak boleh lengah dengan situasi dan perkembangan peraturan dan perundangan dalam bidang keuangan yang senantiasa bergerak secara dinamis menuju ke arah pengelolaan anggaran negara yang Efektif, Transparan dan Akuntable, guna mewujudkan pengelolaan pemerintahan yang Clean Government And Good Governance. 

Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan pemotongan tumpeng oleh KS Koarmada I Laksma TNI Achmad Wibisono, diserahkan kepada Perwira Termuda Korps Suplai di lingkungan Koarmada I Letda Laut (S) Dirgantara Deva Effendi merupakan Lulusan AAL 63. Hal ini merupakan ungkapan rasa syukur atas apa yang telah diraih dan dilaksanakan oleh jajaran Korps Suplai selama ini dalam mengembang tugasnya.

Diakhir acara dilaksanakan penyerahan hadiah penghargaan kepada Prajurit Teladan diraih oleh Serka KEU/W Narita Analia dari Kuwil Koarmada I, Pelda KEU Bagas Kurniawan dari Akun Mako Koarmada I  dan Sertu KEU Bonnifatius Sandi dari Akun Satkor Koarmada I, Adapun Penghargaan Juru Bayar Terbaik diraih oleh Serda TTG/W Dian Anggraeni dibawah Akun Mako Koarmada I dan Serda Esa Feri Setiawan dibawah Akun Satkor Koarmada I serta Operator Sakti Modul Komitmen Terbaik Serda TTU Nurul Huda.


(Dispen Koarmada I)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama