DimensiNews.co.id Mengelar UKW Bekerjasama Dengan PWI Jaya


DimensiNews.co.id Mengelar UKW Bekerjasama Dengan PWI Jaya 


Belasan wartawan mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan oleh DimensiNews.co.id bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jaya, di Gedung Prasada Sasana Jaya Karya, Jakarta Pusat, Jumat (20/12/2019).

Pimpinan Redaksi DimensiNews.co.id, Badar Subur mengatakan, kegiatan ini sebagai salah satu evaluasi sekaligus peningkatan kemampuan dari para wartawan yang tergabung dalam DimensiNews.co.id.

"Ini uji kompetensi wartawan yang pertama digelar DimensiNews.co.id. Kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan wartawan dalam hal jurnalistik serta pengetahuan aturan yang berlaku, sehingga bisa lebih baik lagi karyanya," kata Badar.

Kegiatan ini juga mendapatkan apresiasi dari Ketua Kompetensi PWI Pusat Kamsul Hasan. Menurutnya setiap profesi itu harus memiliki tolak ukur kompetensi yang dikuasai.

"Uji kompetensi ini sebenarnya harus dilakukan oleh seluruh profesi, bahkan sejak di dunia kampus, universitas harus mengeluarkan surat keterangan pendamping ijazah," ucapnya.

Ia berharap, wartawan-wartawan di Indonesia bisa terus membaca dan belajar. Tidak hanya perkembangan berita, tetapi informasi terkait aturan-aturan terbaru untuk pemberitaan.

"Karena peraturan belakangan ini rambunya semakin banyak, tidak bisa berpedoman hanya pada kode etik jurnalistik. Perkembangan teknologi juga melahirkan media online, ada kecepatan informasi dan perimbangan konfirmasi yang harus dipenuhi. Makanya ada pedoman pemberitaan media cyber," jelasnya.

Ketua PWI Jaya, Sayid Iskandarsyah menambahkan, dengan digelarnya uji kompetensi oleh DimensiNews.co.id, berarti manajemen telah bisa mengarahkan wartawannya ke jalan yang benar.

"Ini sangat baik sekali, karena paling tidak jalan pimpinan dimensi news mengarahkan wartawannya ke jalan yang benar," tuturnya.

Sebab dari data PWI Jaya, dari enam ribuan wartawan yang ada di Jakarta Raya, baru sekitar 1.200 wartawan yang ikut dinyatakan berkompeten.

"Dimensinews bisa menambah jumlah wartawan berkompeten di Jakarta. Sehingga karya jurnalistiknya bisa dipertanggung jawabkan," harapnya.

Rencananya manajemen DimensiNews.co.id akan kembali menggelar uji kompetensi bagi wartawan di seluruh nusantara. Kegiatan tersebut dijadwalkan akan berlangsung pada Maret 2020, dan tidak hanya untuk wartawan DimensiNews.co.id, wartawan dari media lain pun dipersilakan bergabung. 

Red

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama