Kapal Perang Kolinlamil Menjadi Wisata Edukasi Maritim Siswa Taman Kanak-Kanak

KAPAL PERANG KOLINLAMIL MENJADI
WISATA EDUKASI MARITIM SISWA TAMAN KANAK-KANAK

Jakarta,anekafakta.com


86 pelajar TK Islam Terpadu Al Hikmah Jakarta Pusat mengadakan kunjungan atau wisata edukasi ke salah satu Kapal perang Republik Indonesia (KRI) yang sedang sandar di dermaga pangkalan Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) TNI AL di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (13/11).
Kolinlamil sebagai salah satu kotama TNI AL yang memiliki kapal perang sebagai pembina angkutan laut militer nasional telah melakukan pengenalan kepada anak-anak sejak usia dini untuk menanamkan rasa nasionalisme melalui berbagai kegiatan. Ini agar mereka dapat berprestasi selama belajar di sekolah dan menambah wawasan mereka tentang peralatan militer TNI AL.
Sudah sejak lama Kolinlamil melakukan pengenalan tentang kapal perang kepada pelajar baik mulai tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Tujuan Kolinlamil memberikan kesempatan kepada para pelajar ini untuk memastikan agar mereka bisa mengetahui secara nyata bentuk dari KRI jika selama ini melihat dari televisi atau foto.
Menurut Panglima Kolinlamil Laksma TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M. kunjungan edukasi para pelajar ke kapal perang, dinilainya sangat bermanfaat bagi para pelajar karena dapat menumbuh kembangkan semangat patriotisme dan nasionalisme bagi pelajar.
Dalam kunjungannya kali ini, para pelajar usia dini yang berasal dari Taman Kanak-Kanak Islam Al Hikmah menaiki KRI Teluk Manado 537 yang sedang merapat di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara.
“Ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab kami terhadap masyarakat dan termasuk dalam Operasi Militer selain Perang (OMSP) di bidang pendidikan sejak dini terhadap anak-anak yang pengurus sekolahnya sudah mengajukan permohonan kunjungan ke Kolinlamil,” jelas Panglima Kolinlamil.
Dalam kegiatan kunjungan tersebut, anak-anak tersebut juga diperlihatkan oleh prajurit TNI AL dengan melakukan pemutaran rekaman kegiatan maupun menampilkan profil dan spesifikasi dari sejumlah senjata yang ada di kapal perang tersebut
Sementara itu salah satu guru pendamping TK IT Al Hikmah, mengatakan anak-anak didiknya datang untuk mengunjungi kapal perang Kolinlamil dan merasa sangat senang dengan kesempatan yang diberikan oleh pihak TNI AL.
“Ini menjadi sebuah pengalaman pertama yang sangat mengesankan terutama bagi anak-anak. Mereka selama ini memang sangat ingin untuk berkunjung dan melihat langsung kapal perang ini, semoga saja kelak beberapa dari antara mereka menjadi prajurit TNI AL di masa yang akan datang,” jelasnya.

Red/anekafakta.com

(Sumber:Dispen Kolinlamil)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama